Kamu Kentut Lebih dari 15 Kali Sehari? Bisa Jadi Penyakit Ini Penyebabnya

Kamu Kentut Lebih dari 15 Kali Sehari? Bisa Jadi Penyakit Ini Penyebabnya
Kentut terlalu sering sebaiknya nggak disepelekan. (CBC)

Biasanya, terlalu banyak kentut dikaitkan dengan masuk angin atau nggak enak badan. Hanya, pakar kesehatan menyebut kentut dengan jumlah lebih dari ini setiap hari ini bisa jadi tanda dari adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Inibaru.id – Buang angin atau kentut adalah hal yang normal dilakukan siapa saja. Dalam sehari, kamu bahkan bisa membuang sekitar 1 liter gas kentut. Hanya, gas ini nggak dibuang sekaligus. Kamu bisa membuangnya 5 hingga 15 kali dalam sehari. Masalahnya adalah, terkadang kamu bisa kentut dengan frekuensi lebih banyak dari itu.

Kalau kamu kentut lebih banyak dari frekuensi tersebut, biasanya perut juga terasa nggak nyaman. Bahkan, bisa jadi badan kamu juga terasa nggak nyaman. Sebaiknya kamu juga mewaspadai berbagai penyebabnya seperti sebagai berikut.

Perubahan Pola Diet

Mengubah pola makan bisa bikin sering buang angin. (Healthline)<br>
Mengubah pola makan bisa bikin sering buang angin. (Healthline)

Makanan yang tinggi serat, tinggi gula, dan bertepung adalah makanan yang bisa membuatmu sering kentut. Kalau kamu sebelumnya jarang memakannya namun kemudian mengubah pola diet sehingga sering mengonsumsinya, bisa jadi akan membuatmu lebih sering kentut.

Asalkan tidak terjadi gangguan pencernaan yang berarti, biasanya hal ini nggak berbahaya kok, Millens. Paling kamu hanya akan merasakan nggak nyaman untuk beberapa waktu. Setelah tubuhmu beradaptasi dengan pola makan yang baru, maka frekuensi kentut akan kembali normal.

Radang Usus

Sering kentut juga bisa disebabkan karena peradangan usus. (Green Choices)<br>
Sering kentut juga bisa disebabkan karena peradangan usus. (Green Choices)

Sering merasa kelelahan dan berulang kali mengalami diare? Bisa jadi, ususmu sedang mengalami peradangan sehingga bikin kamu sering buang angin dengan bunyi yang kencang. Peradangan ini juga bisa membuat fungsi pencernaan terganggu.

Kalau perutmu terasa semakin nggak nyaman, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya!

Penyakit Seliaka

Kurangi konsumsi makanan pedas dan berminyak supaya nggak sering buang angin. (Bare Foot in The Kitchen)<br>
Kurangi konsumsi makanan pedas dan berminyak supaya nggak sering buang angin. (Bare Foot in The Kitchen)

Penyakit seliaka bisa membuat usus halus meradang. Dampaknya, perut pun nggak bisa menyerap nutrisi dengan baik. Hal ini juga bisa membuat perut menjadi kembung sekaligus meningkatkan frekuensi kentut. Kamu juga akan mengalami gejala seperti sembelit dan sakit perut.

Sebaiknya, jangan sering-sering makan makanan yang pedas dan berminyak ya agar nggak sampai mengalami hal ini.

Sindrom Iritasi Usus

Merokok menjadi salah satu penyebab terjadinya iritasi usus besar. (BBC)<br>
Merokok menjadi salah satu penyebab terjadinya iritasi usus besar. (BBC)

Sering buang gas bisa pula jadi pertanda seseorang menderita sindrom iritasi usus besar. Masalah kesehatan ini bisa disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi kafein berlebihan dan merokok. Selain mengurangi kebiasaan tersebut, kamu juga disarankan untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat agar nggak mudah mengalaminya.

Nah, kalau kamu merasa lebih sering buang angin dan mulai mengalami gejala kesehatan lainnya, jangan ragu untuk memeriksakan kondisimu ke dokter, ya Millens!   (Sua/IB15/E07)