BerandaHits
Jumat, 2 Des 2022 11:18

Kamu Disubsidi Rp6,5 Juta saat Membeli Motor Listrik, Ini Kelebihannya

Kamu Disubsidi Rp6,5 Juta saat Membeli Motor Listrik, Ini Kelebihannya

Pemerintah berencana akan memberikan subsidi untuk pembelian motor listrik sebesar Rp6,5 juta. (Kompas/Kristianto Purnomo)

Buat kamu yang berencana akan membeli motor listrik, sebaiknya tunggu hingga tahun berganti menjadi 2023. Pemerintah berencana akan memberikan subsidi Rp6,5 juta untuk pembelian motor listrik.

Inibaru.id - Cita-cita mulia Bangsa Indonesia untuk membuat tahun 2060 bebas dari emisi bukan isapan jempol semata. Salah satu yang bisa kita lihat adalah pemerintah menggenjot penggunaan kendaraan listrik dengan memerintahkan semua instansi pemerintah untuk mengganti mobil dinas menjadi mobil listrik. Hal itu dituangkan dalam Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022.

Nggak berhenti di situ, beberapa waktu lalu dikabarkan pemerintah kini sedang menyiapkan skema pemberian subsidi untuk pembelian kendaraan listrik. Nggak tanggung-tanggung, subsidi motor listrik sekitarRp6 juta.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Ivestasi Luhut Panjaitan. Dikutip dari Reuters, dirinya mengatakan subsidi yang diberikan untuk pembelian motor listrik adalah Rp6,5 juta. Skema subsidi serupa juga sedang dipertimbangkan untuk mobil listrik, tapi belum ada rincian lebih lanjut.

"Kalau mau tukar motor ke listrik tahun depan, ya. Nanti dapat subsidi," kata Luhut dikutip dari Reuters.

Sebelum itu, Direktur Jenderal Perhubungan Kemenhub, Hendro Sugiatno juga sudah memberi sinyal pemerintah bakal memberikan intensif untuk kendaraan elektrifikasi dalam waktu dekat.

"Ya, doakan saja mudah-mudahan awal 2023 sudah keluar (subsidi motor listrik). Kita semua, pemerintah dan lembaga mendorong tahun 2020 sampai 2030 perkembangan otomotif berkaitan dengan listrik," katanya dari siaran Youtube Ditjen Perhubungan Darat.

Keuntungan Memiliki Motor Listrik

Indonesia memiliki target akan bebas emisi pada tahun 2060. (Istockphoto/Bruev)
Indonesia memiliki target akan bebas emisi pada tahun 2060. (Istockphoto/Bruev)

Besarnya subsidi yang ditawarkan pemerintah memang terkesan menggiurkan ya Millens? Kalau kamu tertarik ingin membeli motor baru bertenaga listrik nggak tahun depan?

Meski bertujuan untuk kebaikan lingkungan, membeli motor listrik tetap butuh pertimbangan. Kamu sebaiknya nggak gegabah dan terburu-buru membelinya. Sebelum memutuskan membeli, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari motor listrik.

Kamu yang belum tahu, motor listrik memilik banyak kelebihan yang menguntungkanmu sebagai pengendara. Apa saja itu?

1. Hemat Tanpa BBM

Karena memperoleh tenaga dari baterai, kamu nggak perlu membeli BBM. Hal ini tentu saja menguntungkan isi dompetmu, kan? Namun, sebagai pengganti BBM, kamu perlu mengisi daya baterai. Biaya penggunaan baterai nggak akan semahal saat kamu menggunakan BBM.

2. Suara Lebih Halus

Motor listrik memiliki kelebihan hemat, perawatan mudah, dan suaranya lebih halus. (Oto)
Motor listrik memiliki kelebihan hemat, perawatan mudah, dan suaranya lebih halus. (Oto)

Motor listrik nggak memiliki proses internal sehingga nggak akan mengeluarkan suara bising. Dengan kelebihan ini, kamu nggak perlu takut mengganggu kenyaman orang lain.

3. Perawatan Lebih Mudah

Perawatan motor listrik cenderung lebih mudah. Itu karena jumlah komponennya lebih sedikit. Selain itu, motor listrik nggak membutuhkan rutinitas ganti oli atau servis mesin secara berkala. Kamu hanya perlu memperhatikan sparepart kampas rem, ban, dan minyak rem.

Ada kelebihan pasti juga ada kelemahan. Beberapa kekurangan dari motor listrik diantaranya adalah tempat pengisian daya yang terbatas, minim sparepart dan bengkel resmi, serta beban maksimal terbatas.

Itulah beberapa hal yang mesti kamu tahu sebelum membeli motor listrik ya, Millens? Menggunakan motor listik berarti kamu telah turut berpartisipasi mengurangi emisi yang membuat kualitas udara tercemar. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved