Kampus Swasta di Kota Semarang yang Bisa Jadi Alternatif untuk Maba

Kampus Swasta di Kota Semarang yang Bisa Jadi Alternatif untuk Maba
Upgris di Semarang Timur. (Youtube/Universitas PGRI Semarang)

Nggak semua orang bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri. Namun beberapa kampus swasta di Kota Semarang ini bisa jadi alternatif buatmu yang pengin menuntut ilmu di Kota ATLAS.

Kuota yang terbatas bikin nggak semua orang bisa masuk PTN. Sebelum balik kanan, intip dulu beberapa universitas swasta di Kota Semarang yang nggak kalah favorit dari PTN. Beberapa universitas di bawah ini pun punya reputasi baik dalam mencetak lulusan yang ahli dalam bidang tertentu. Apa saja?

Udinus

Kampus yang berada nggak jauh dari Tugu Muda Semarang. (Gatra)<br>
Kampus yang berada nggak jauh dari Tugu Muda Semarang. (Gatra)

Terletak di pusat Kota Semarang, universitas swasta yang satu ini populer banget lo. Yap, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)! Berdiri sejak 1990 di bawah Yayasan Dian Nuswantoro Semarang, kampus ini beralamat di Jl. Imam Bonjol No. 207 Pendrikan Kidul, Semarang.

Kini Udinus memiliki 5 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan, serta Fakultas Teknik dengan 18 Program Studi dan Program Pascasarjana dengan 1 program studi. Bagimu yang pengin belajar terkait Teknologi Informatika (TI), kampus ini cocok banget untuk kamu pilih.

Unisbank

Kampus Unisbank dan para mahasiswa-mahasiswinya. (Facebook/Unisbank Semarang)<br>
Kampus Unisbank dan para mahasiswa-mahasiswinya. (Facebook/Unisbank Semarang)

Universitas Stikubank Semarang (Unisbank) dirintis sejak 28 April 1968 dengan nama awal Akademi Keuangan dan Perbankan (Akubank). Dalam perkembangannya, Unisbank merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi, yaitu STMIK STIKUBANK, STIBA STIKUBANK, dan STIH STIKUBANK di bawah yayasan YPPMI.

Unisbank punya 5 Fakultas berupa Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Bahasa dan ilmu Budaya, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik) dan 13 Program Studi (6 jenjang Diploma/D3 dan 7 jenjang Strata 1/S1). Berada di pusat kotam Unisbank terletak di Jl Trilomba Juang No 1 dan Jl. Kendeng V, Bendan Ngisor, Semarang.

Upgris

Upgris, kampus untuk mendidik para calon guru. (Mamikos)<br>
Upgris, kampus untuk mendidik para calon guru. (Mamikos)

Berdirinya Universitas PGRI Semarang (Upgris) tak lepas dari berdirinya IKIP PGRI Jawa Tengah pada 23 Juli 1981 dan Akademi Teknologi Semarang. Universitas yang menekankan pendidikan karakter bagi mahasiswanya ini beralamat di Jalan Sidodadi Timur No. 24 Semarang Timur. Memiliki 2 program studi S2, 13 program studi S1 kependidikan, 7 program studi S1 teknik, dan 3 program studi D3 teknik, Upgris populer sebagai Universitas yang menghasilkan tenaga pendidikan andal.

Unpan (Universitas Pandanaran)

Universitas Pandanaran di daerah Banyumanik, Semarang. (Unpand)<br>
Universitas Pandanaran di daerah Banyumanik, Semarang. (Unpand)

Nggak jauh dari Undip, satu lagi universitas yang bisa kamu pulih adalah Universitas Ki Ageng Pandanaran (Unpand) Semarang. Kampus yang beralamat di Jl Banjarsari Barat No 1 Pedalangan, Banyumanik ini punya 3 fakultas di Unpand dan 10 program studi. Jenjang S1 meliputi  program studi Teknik Arsitektur, Kewirausahaan, Teknik Sipil, Manajemen dan Akuntansi. Sementara jenjang Diploma III (D III) meliputi program studi Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Hubungan Masyarakat dan Ilmu Administrasi Bisnis.

Universitas mana yang kamu pilih nih, Millens(MG26?E06)