Kamera Ini Meleleh Saat Memotret Peluncuran SpaceX Falcon 9

Mengabadikan foto pada momen istimewa mampu memberikan perasaan bangga bagi seorang fotografer. Namun, bagaimana pasal bila saat memotret momen tersebut, kameramu terbakar?

Kamera Ini Meleleh Saat Memotret Peluncuran SpaceX Falcon 9
Kamera milik Bill Ingalls yang meleleh karena pancaran api yang muncul setelah peluncuran SpaceX Falcon 9. (NASA/Bill Ingalls)

Inibaru.id – Peluncuran roket tentunya menjadi momen yang spesial. Karena itu banyak orang yang berlomba-lomba mengabadikan momen ini seperti yang dilakukan salah seorang fotografer Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Bill Ingalls. Pada Selasa (22/5/2018) lalu Ingalls mengabadikan momen peluncuran roket Falcon 9 milik SpaceX. Nahas, saat mengabadikan momen itu, kamera milik Ingalls meleleh.

Dia terkejut melihat kameranya meleleh.

“Yah, salah satu kamera remote yang aku letakkan di luar jangkauan terpanggang,” tulis Ingalls di Facebook.

Beruntung, kartu memorinya selamat. Foto terakhir yang tertangkap kamera Canon 5DS milik Ingalls adalah kobaran api yang diduga membuat kamera tersebut meleleh.

Kobaran api yang tertangkap kamera Ingalls. (NASA/Bill Ingalls)

Menurut Space.com, Rabu (23/5), Ingells meletakkan kamera tersebut sekitar 402 meter dari landasan pacu SpaceX, Vandenberg Air Force Base, California. Jarak tersebut juga jarak yang digunakan fotografer saat mencatat peluncuran satelit kembar GRACE-FO milik NASA pada Selasa (22/5).

“Pemadam kebakaran Vandenberg tiba di landasan pacu setelah roket lepas landas. Seorang petugas pemadam kebakaran kemudian menemukan kameraku. Meskipun mereka datang cukup cepat, tapi sayangnya kameraku sudah terpanggang,” ujar Ingalls.

Ini adalah kali pertama sejak 1989 kamera Ingalls meleleh saat peluncuran roket NASA.

Selain kamera yang meleleh, ada empat kamera lain yang diletakkan lebih dekat dengan landasan pacu. Namun kamera-kamera tersebut selamat.

Detik-detik peluncuran SpaceX Falcon 9. (NASA/Bill Ingalls)

Kendati demikian, Ingalls mengatakan dia memilih memotret dalam jarak yang agak jauh karena khawatir akan risiko bila kamera dekat dengan landasan pacu. Menurut Ingalls, peluncuran roket dapat menendang batu dan sisa-sisa puing lainnya yang dapat merusak atau menghancurkan kamera.

Waduh sayang banget ya, Millens. Eits, tapi syukurlah hasil fotonya bisa selamat. (IB18/E04)