Kala Wasiat Dorce Gamalama Soal Pemakaman Tak Terwujud

Kala Wasiat Dorce Gamalama Soal Pemakaman Tak Terwujud
Dorce Gamalama meninggal dunia. (murianews.com)

Dorce Gamalama meninggal pada hari ini, Rabu (16/2/2022) di RSPP Simprug, Jakarta. Wasiat Dorce Gamalama soal pemakaman sayangnya tak terwujud. Mengapa?

Inibaru.id – Selebritas multitalenta Dorce Gamalama meninggal dunia di RSPP Simprug Jakarta sekitar pukul 07.30 WIB pagi. Menurut keterangan salah seorang kerabatnya, Hetty Soendjaya, Dorce terpapar Covid-19 sebelum mengembuskan napas yang terakhir. Gara-gara virus Corona ini pula, wasiat Dorce soal pemakaman pun nggak terwujud.

“Jadi meninggalnya karena Covid, nggak dibawa pulang, dikemasnya di rumah sakit,” ungkap Hetty, Rabu (16/2/2022).

Beberapa waktu yang lalu, Dorce yang memang sudah sakit-sakitan sudah mengungkap sejumlah keinginannya jika sampai meninggal dunia. Dia bahkan sampai menyiapkan makam hingga kain kafan untuk dirinya sendiri. Contohlah, saat berbicara di video yang ada di kanal YouTube Denny Sumargo, Dorce seperti sudah sangat siap menghadapi kematian.

“Saya punya kain kafan sendiri. Saya punya kuburan sendiri. Di rumah saya di Lubang Buaya ada masjid. Di masjid itu saya berpulangnya,” ujar selebritas yang berusia 58 tahun ini di kanal YouTube tersebut.

Hanya, niat baiknya untuk berpulang ke Yang Maha Kuasa dengan damai ini sempat jadi kontroversi. Hal ini disebabkan oleh keinginannya dimakamkan sebagai seorang perempuan.

Dorce Gamalama sempat berwasiat ingin dimakamkan sebagai perempuan. (Detik/UPN Surabaya)
Dorce Gamalama sempat berwasiat ingin dimakamkan sebagai perempuan. (Detik/UPN Surabaya)

After operation saya perempuan, saya punya kelamin perempuan ya, mandikan saya dengan perempuan,” ungkap Dorce.

Beberapa saat setelahnya, usai tahu pernyataan ini memicu kontroversi dan perdebatan di tengah masyarakat, Dorce pun menyebut apapun proses pemakaman jenazahnya nanti, dia ikhlas.

Sayangnya, keinginan Dorce yang ingin dimakamkan sebagai seorang perempuan nggak terwujud. Justru, Dorce dimakamkan sesuai dengan protokol Covid-19. Sebelum tutup usia, dia memang terpapar virus yang kini kembali naik lagi kasusnya di Indonesia ini.

Nggak hanya karena Covid-19, Dorce juga mengidap sejumlah penyakit sebelumnya. Dalam beberapa tahun belakangan, dia memang sudah nggak lagi aktif di dunia hiburan karena sakit berkepanjangan dan sering dirawat di rumah sakit.

Tercatat, Dorce mengidap batu ginjal, sakit pada punggung dan pinggang, hingga penyakit gula. Khusus untuk penyakit terakhir, dia memang memiliki faktor genetik dari keluarganya. Nggak cukup, di usia senjanya, Dorce juga didiagnosis menderita alzheimer sehingga membuatnya sering lupa dan kebingungan.

Turut berduka cita atas meningalnya Dorce Gamalama, ya Millens. (Det/IB09/E05)