Kala Mark Zuckerberg Kehilangan Rp 85,6 Triliun Hanya Dalam Beberapa Jam

Kala Mark Zuckerberg Kehilangan Rp 85,6 Triliun Hanya Dalam Beberapa Jam
Whatsapp, Facebook, dan Instagram down, Mark Zuckerberg kehilangan uang puluhan triliun Rupiah! (Flickr/ The Crunchies!/John Adams)

Aplikasi di bawah kendali Mark Zuckerberg, Facebook, Instagram, dan Whatsapp down sejak Senin (4/10/2021) malam hingga Senin (5/10) subuh. Kekayaan Zuckerberg pun menurun Rp 85,6 triliun dalam sekejap.

Inibaru.id – Warganet di seluruh dunia melaporkan Whatsapp, Facebook, serta Instagram down selama beberapa jam. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Meski terlihat seperti masalah yang sepele, realitanya hal ini mampu membuat Mark Zuckerberg kehilangan duit Rp 85,6 triliun, lo!

Sebenarnya sih ya, angka yang benar adalah 6 miliar Dollar AS. Bahkan, kalau masalah ini nggak kunjung kembali normal, ada kemungkinan Zuckerberg bakal kehilangan kekayaan lebih banyak. Kok bisa, sih?

Jadi gini, Millens. Ketiga aplikasi tersebut memang di bawah kendali Mark Zuckerberg. Meski begitu, ada banyak pemilik saham yang juga ikut terlibat. Gara-gara down dalam waktu yang cukup lama, para pemilik saham ini kemudian menjual sahamnya.

Dampaknya, Bloomberg melaporkan saham Facebook menurun drastis 4,9 persen pada Senin (4/10/2021) waktu setempat. Duh!

Angka 4,9 persen ini bisa sangat fatal bagi korporasi raksasa macam Facebook, lo. Bahkan, kekayaan Zuckerberg sampai berkurang jadi 121,6 miliar Dollar AS. Dia pun turun ke peringkat 5 daftar orang terkaya dunia menurut Bloomberg Billionaires Index (BBI), di bwah Bill Gates. Lantas, seberapa banyak sih kekayaan Zuckerberg sebelum masalah jaringan ini? Angkanya ternyata 140 miliar Dollar AS alias Rp 1.991 triliun!

Sudah Beberapa Kali Terjadi di 2021

Sejak Senin (4/10/2021), Whatsapp nggak bisa diakses penggunanya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Sejak Senin (4/10/2021), Whatsapp nggak bisa diakses penggunanya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Apa yang dialami Facebook, Instagram, dan Whatsapp ini ternyata bukan kali pertama ini terjadi. Pada 20 Maret 2021 lalu, misalnya, Whatsapp dan Instagram down pada tengah malam. Pada Juli 2020, Whatsapp bahkan sampai dua kali mengalami masalah pada 15 Juli dan 21 Juli. Jika dirunut dalam 3 tahun belakangan, setidaknya aplikasi ini sudah 11 kali mengalami down.

Khusus untuk yang terjadi sejak Senin (4/10) malam, sekitar pukul 22.00 WIB, Whatsapp bahkan sampai mengalami gangguan selama sekitar 8 jam. Pengguna pun kesulitan untuk terhubung dengan aplikasi perpesanan ini. Ada juga yang mengeluhkan susah mengirim atau menerima pesan. Meski begitu, mulai sekitar pukul 05.00 WIB hari ini, Selasa (5/10), secara berangsur-angsur masalah ini mulai pulih.

Melalui media sosial, baik itu Whatsapp, Facebook, ataupun Instagram mengeluarkan pernyataan permintaan maaf kepada seluruh penggunanya di dunia.

Kepada komunitas besar di seluruh dunia yang menggunakan jasa kami, kami minta maaf. Kami sudah berusaha untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami. Kini, dengan senang hati kami melaporkan kalau mereka telah kembali pulih,” tulis Facebook.

Meski sudah bisa diatasi, hingga sekarang, belum ada penjelasan secara resmi mengapa Facebook, Whatsapp, dan Instagram bisa down begitu lama. Kalau menurutmu, kira-kira karena apa ya, Millens? (Ine,Sua,Tri/IB09/E05)