Ngakak Abis, Kakek Ini Tak Tahu Nama Lengkap Presiden Jokowi

Seorang kakek 70 tahun tidak bisa menyebut nama lengkap Presiden RI. Tapi dia tetap mendapat hadiah sepeda.

Ngakak Abis, Kakek Ini Tak Tahu Nama Lengkap Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo berbincang dengan petani saat menghadiri silahturahmi serikat paguyuban petani Qaryah Thayyibah di Salatiga, Jawa Tengah, Senin (25/9/2017). (ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho)

Inibaru.id – Ternyata banyak orang yang lebih dikenal sebutannya ketimbang nama aslinya. Sebutan itu berupa inisial, akronim, atau nama yang sama sekali baru. Ini biasanya dialami oleh para selebritis, entah itu artis atau tokoh ternama.

Presiden Joko Widodo pun mengalaminya. Lebih banyak orang mengenalnya sebagai Jokowi atau Pak Jokowi ketimbang nama lengkap pemberian kedua orang tuanya. Salah satu buktinya saat Presiden memberikan kuis dalam acara pembagian 5.781 sertifikat untuk masyarakat di Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali yang berlangsung di Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa tengah, Senin (25/9/2017).

Muchsimin, seorang kakek berusia 70 tahun mengaku tidak mengetahui kepanjangan nama Presiden Joko Widodo.

"Cobi panjenengan pirsa mboten, nggih, nama komplit saya (Coba Anda tahu ngak nama lengkap saya). Yang keras,” kata Presiden saat memberikan kuis kepada kakek Muchsimin seperti dilansir Antaranews (26/9/2017).

Baca juga: Begini Cara Jokowi Bikin Rakyat Sekitar Perbatasan Merasakan Kehadiran Negara

Mendapat pertanyaan tersebut, Kakek Muchsimin mengaku hanya tahu “Jokowi” saja bukan kepanjangannya.

"Mboten ngertos, tapi kula Pak Jokowi ngertos, Pak Presiden (Tidak tahu, tapi saya tahunya Pak Jokowi, pak Presiden)," jawabnya polos.

Walaupun dituntun dan dibantu oleh para penerima sertifikat yang memenuhi lapangan Kelurahan Pulutan tersebut, Kakek Muchsimin tetap tidak bisa menyebut nama lengkap Presiden.

“Ini harus tuntas. Lanjutane mboten ngertos? Joko Wi....,” kata Presiden menuntun Kakek Muchsimin.

"Ternyata banyak yang manggil Jokowi-Jokowi, tapi nggak tahu kepanjangannya," kata Presiden yang datang ke Salatiga didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi beserta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan A Djamil, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung ini.

Setelah beberapa kali dituntun dan dibantu secara bersama-sama oleh para tamu undangan yang datang, akhirnya Kakek Muchsimin bisa menyebut “Joko Widodo”.

Pada acara kuis itu, beberapa orang yang "diuji” Presiden menunjukkan kepiawaiannya. Semua peserta kuis mendapat sepeda, tak terkecuali Kakek Muchsimin. Tapi sebelum memberikan kepada lelaki tua itu, Presiden sempat menggodanya.

"Lah tadi nggak bisa menyebut nama lengkap saya kok minta sepeda?" kata Presiden. Namun Kepala Negara ini tetap memberikan sepeda kepadanya

Baca juga: Heboh! Lepas Kontingen SEA Games 2017, Jokowi Main Pimpong

Lima Juta Sertifikat

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengungkapkan target lima juta sertifikat tanah akan dibagi pada tahun ini kepada masyarakat seluruh Indonesia.

"Saya perintahkan Bapak menteri ATR/BPN dan seluruh BPN dari Sabang sampai Merauke seluruh Indonesia, target lima juta tahun ini harus keluar," katanya.

Presiden juga mengatakan bahwa target pada 2018 tujuh juta, tahun selanjutnya sembilan juta agar seluruh bidang tanah di Indonesia 100 persen bersertifikat.

"Seharusnya yang pegang sertifikat 126 juta, tapi sekarang yang pegang baru 46 juta, separuhnya saja belum makanya saya update. Kalau tidak, tidak akan rampung rampung," katanya. (PA/SA)