KAI Operasikan 7 Armada Lagi per Agustus, 2 Kereta Melintas di Semarang

KAI Operasikan 7 Armada Lagi per Agustus, 2 Kereta Melintas di Semarang
Penumpang kereta api mengalami lonjakan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Penumpang yang terus melonjak membuat PT KAI memutuskan menambah armadanya. Dari tujuh armada baru, KAI Daop 4 Semarang memastikan akan ada dua kereta yang melintas di Kota Semarang.

Inibaru.id - Penumpang kereta api terus meningkat dalam waktu sebulan terakhir. Untuk itu, PT KAI menambah armadanya untuk perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal per Agustus.

Secara bertahap, tujuh kereta api kembali dioperasikan. Armada-armada baru tersebut, antara lain:

  • KA Harina (Bandung–Surabaya Pasar Turi PP);
  • KA Senja Utama Solo (Solo Balapan–Pasar Senen);
  • KA Mataram (Pasar Senen–Solo Balapan);
  • KA Matarmaja (Pasar Senen–Malang PP);
  • KA Pasundan (Bandung Kiaracondong–Surabaya Gubeng PP);
  • KA Wijayakusuma (Cilacap–Ketapang PP); dan
  • KA Sawunggalih (Pasar Senen–Kutoarjo PP).
Ada dua kereta yang akan melintas di Daop 4 Semarang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Ada dua kereta yang akan melintas di Daop 4 Semarang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Di kereta-kereta yang kembali beroperasi tersebut, dua armada kereta api akan melintas di Daop 4 Semarang. Ke-2 armada itu antara lain KA Harina dan KA Matarmaja. Dua kereta itu akan beroperasi sesuai dengan tanggal yang ditentukan.

KA Harina menuju Bandung akan beroperasi tiap tanggal 9, 16, 23, dan 30. Sebaliknya, KA Harina yang bertolak ke Surabaya berangkat tiap tanggal 8, 15, 22, dan 29.

Sementara, KA Matarmaja arah ke Jakarta Pasar Senen berangkat tiap tanggal 2, 4, 6, 9, 11, 13, 16, 18, 20, 23, 25, 27, dan 30. Kemudian, untuk KA Matarmaja menuju Malang, kereta akan berangkat tiap tanggal 3, 5, 7, 10, 12, 14, 17, 19, 21, 24, 26, 28, dan 31.

Penumpang di Daop 4 Juga Meningkat

Jumlah penumpang di daerah operasi 4 Semarang juga mengalami kenaikan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Jumlah penumpang di daerah operasi 4 Semarang juga mengalami kenaikan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Sejalan dengan peningkatan pengguna jasa KAI secara keseluruhan, dalam sebulan terakhir jumlah penumpang kereta api di Daop 4 Semarang juga mengalami lonjakan hingga 181 persen. Pada Juni 2020, tercatat ada 28.344 penumpang. Jumlah tersebut meningkat menjadi 79.708 pada Juli.

Rata-rata jumlah pelanggan per hari juga mengalami peningkatan. Dari Juli ke Agustus, kenaikannya mencapai 66 persen.

Hal ini, salah satunya dipengaruhi oleh  jumlah frekuensi kereta api yang juga meningkat. Selama Juni, frekuensi kereta api sebanyak 20 KA, lalu meningkat sebanyak 65 persen menjadi 33 keberangkatan pada Juli. Dengan penambahan dua kereta pada Agustus, frekuensinya kini menjadi 35.

KAI menilai, peningkatan ini dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain program diskon tiket dan undian berhadiah. Selain itu, libur Iduladha, penambahan jadwal perjalanan secara bertahap, dan hadirnya layanan tes rapid Covid-19 dengan harga terjangkau di stasiun, juga turut memengaruhi.

Layanan rapid tes murah bikin banyak calon penumpang tertarik. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Layanan rapid tes murah bikin banyak calon penumpang tertarik. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Oya, layanan tes rapid di Stasiun Tawang Semarang memang cukup diminati calon penumpang. Terbukti, hingga 3 Agustus lalu, nggak kurang dari 534 orang (sekitar 106 peserta setiap hari) telah menggunakan layanan tes rapid di Stasiun Tawang.

Perlu kamu tahu, peningkatan jumlah penumpang ini nggak membuat KAI abai pada protokol kesehatan. Dalam menyelenggarakan perjalanan, para petugas tetap diminta terus memperketat pengamanan kesehatan.

Untuk kamu yang punya agenda perjalanan dengan KA Harina dan KA Matarmaja, ingat lagi jadwal keberangkatannya ya Eits, tapi ingat, tetap patuhi protokol kesehatan yang disarankan PT KAI ya! (IB28/E03)