KAI Daop 4 Semarang Bikin Fasilitas Rapid Test Murah di Stasiun Tawang, lo! Sudah Coba? 

KAI Daop 4 Semarang Bikin Fasilitas Rapid Test Murah di Stasiun Tawang, lo! Sudah Coba? 
Fasilitas rapid test baru di Stasiun Tawang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Fasilitas rapid test kini sudah tersedia di Stasiun Tawang. Harganya pun murah. Jadi, kalau kamu hendak bepergian, nggak perlu bingung lagi cari surat rapid test.

Inibaru.id - Perjalanan menggunakan kereta semakin dipermudah di masa pandemi. Kali ini PT KAI Daop 4 Semarang memberikan fasilitas Rapid Test langsung di stasiun dengan harga yang bisa dibilang murah.

Memang, sejak pandemi berlangsung, kepemilikan surat tanda rapid test menjadi keabsahan seseorang untuk melakukan perjalanan.

Semua fasilitas tersebut tercipta berkat kerja sama antara PT KAI dengan PT Rajawali Nusindo. Hasilnya, kini jadi tersedia fasilitas rapid test Covid-19 di Stasiun Semarang Tawang dengan harga Rp 85 ribu saja. 

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso menjelaskan lebih detail tentang  fasilitas rapid test murah tersebut. Fasilitas ini merupakan salah satu upaya untuk mempermudah calon penumpang mendapatkan surat keterangan uji tes rapid. 

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso mengenalkan rapid test di Stasiun Tawang. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso mengenalkan rapid test di Stasiun Tawang. (Inibaru.id/ Audrian F)

Untuk naik kereta, calon penumpang memang harus memenuhi beberapa persyaratan. Selain surat tes rapid, protokol kesehatan dasar juga wajib dipenuhi, seperti  menggunakan masker dan mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket. Selain itu, suhu badan pun nggak boleh lebih dari 37,3 derajat Celsius. 

“Khusus penumpang jarak jauh akan disediakan fasilitas face shield di pintu masuk boarding stasiun dan wajib melampirkan surat keterangan uji tes rapid,” lanjutnya, Kamis (30/7/2020).

Lebih jauh, Nurul Huda membeberkan, fasilitas ini mulai beroperasi pada Kamis (30/7) dengan waktu pelayanan pukul 07.00-19.00 WIB. Per hari, KAI menyediakan reagent rapid sebanyak 100 buah.

Kegiatan Rapid test Covid-19 ini meliputi pemeriksaan, pengujian, dan rekomendasi kepada calon penumpang KA.

Kalau ada penumpang yang terbukti reaktif, Stasiun Tawang sudah menyediakan ruang isolasi. Jadi, begitu ketahuan reaktif langsung dibawa ke ruang isolasi untuk segera ditangani lebih lanjut.

Sebelum rapid test mengisi biodata terlebih dahulu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Sebelum rapid test mengisi biodata terlebih dahulu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

“Bagi pelanggan yang mau pakai cukup menunjukkan bukti kode booking tiket KA kepada petugas di lokasi. Selain itu, kepada penumpang yang akan melakukan rapid test pada hari H keberangkatan diimbau berangkat lebih awal untuk mengantisipasi apabila terdapat antrean,” terangnya.

Selama pelaksanaan, petugas di lokasi juga diwajibkan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19, yakni dengan mengenakan APD (face shield, baju hazmat, hands glove), menyediakan hand sanitizer dan tempat sampah medis, serta melakukan disinfektan di lokasi secara teratur.

“Dengan adanya layanan ini, kami berharap mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai alat transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan,” tandasnya.

Semoga rapid test ini selain bisa memudahkan juga memberi rasa aman buat penumpang ya, Millens!(IB28/E03)