Kado Istimewa Timnas U-22 Untuk HUT Ke-72 RI

Kemenangan 3:0 Tim nasional (timnas) sepakbola U-22 Indonesia atas Filipina dalam lanjutan babak penyisihan grup SEA Games 2017, jadi kado indah di HUT RI ke-72.

Kado Istimewa Timnas U-22 Untuk HUT Ke-72 RI
Kemenangan 3:0 timnas U-22 atas Filipina. (Foto: rappler.com)

Inibaru.id - Stadion Shah Alam menjadi saksi kemenangan Tim nasional (timnas) sepakbola U-22 Indonesia atas Filipina dalam lanjutan babak penyisihan grup SEA Games 2017. Kemenangan 3-0 ini kian istimewa bagi Tim Garuda Muda lantaran bertepatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI), pada Kamis (17/8) lalu.

Yang lebih menarik, dua dari tiga gol tim Indonesia dicetak pemain bernomor punggung 17 atas nama Saddil Ramdani dan nomor 8 yang menjadi kepunyaan Muhammad Hargianto. Sementara, satu lainnya dicetak Septian David Maulana di menit-menit awal pertandingan.

Permainan yang patut diapresiasi, Septian David sudah mengoyak jala Filipina pada menit ke-4. Pemain yang juga mencetak gol pinalti pada pertandingan sebelumnya melawan Thailand ini berhasil melesakkan bola ke tiang jauh usai mendapatkan umpan terukur Putu Gede Juni Antara

Baca juga: Promo Unik Dibulan Kemerdekaan Yang Sayang di Lewatkan.

Indonesia memang tampil trengginas dalam laga yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, ini. Pasukan Luis Milla tampil menekan dan agresif. Dilansir dari Kompas.com, hingga menit ke-30, timnas U-22 sudah mencatatkan 195 operan.

Berkat kombinasi operan pula, timnas U-22 mencetak gol kedua pada injury time babak pertama. Septian David melepaskan umpan terobosan ke kotak penalti Filipina. Kemudian, Hargianto masuk dan melakukan tendangan kaki luar ke pojok kiri.

Keunggulan dua gol tidak lantas membuat Hansamu Yama dan kawan-kawan merasa puas. Mereka terus melakukan ancaman setelah jeda.

Hasilnya, pada menit ke-59, Saddil Ramdani mencetak gol ketiga dari tembakan luar kotak. Bola bersarang di pojok kiri atas penjaga gawang.

Sisa waktu terus dimanfaatkan pasukan Milla untuk mencari gol keempat, tetapi tidak kunjung tercipta. Skor 3-0 untuk kemenangan Indonesia pun terpampang saat peluit panjang dibunyikan wasit Sudish Kumar Pandey.

Baca juga: Fenomena Baju Adat Hingga Lima Pemenang Busana Pilihan Presiden Jokowi di HUT RI 72

Hasil itu semakin cantik melihat statistik yang menunjukkan bahwa Indonesia menguasai 66 persen permainan dengan melakukan lima tembakan ke arah gawang, dan melakukan 463 operan. Bandingkan dengan Filipina yang hanya melakukan satu tendangan jitu plus 196 operan.

Dengan kemenangan atas Filipina, Indonesia naik ke peringkat kedua klasemen Grup B dengan koleksi empat poin dari dua pertandingan. Indonesia terpaut dua angka dengan Vietnam di puncak dan mengungguli Thailand selaku peringkat ketiga dengan selisih gol.

Pada pertandingan lain, Vietnam menang 4-1 atas Kamboja dan Thailand mengalahkan Timor Leste 1-0.

Susunan pemain

Indonesia (4-5-1): Kurniawan Kartika Ajie; Rezaldi Hehanusa, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, dan I Putu Gede; Hargianto, Evan Dimas, Septian David Maulana, Saddil Ramdani, Yabes Roni; Ezra Walian

Pelatih: Luis Milla

Filipina (4-5-1): Ray Joseph; Jarvis Jordan, Junell Mark, Julian Mariano, Joshua Jake; Daniel Bernan, Yoshiharu Koizumi, Kou Ichi Belgira, Christian Lapas, Jeremiah Borlongan; Javier Augustine

Pelatih: Marlon Maro. (GIL/IB)