Kadar Kolesterol Naik, Lakukan Ini Agar Turun Lagi

Kadar Kolesterol Naik, Lakukan Ini Agar Turun Lagi
Ilustrasi pengecekan kadar kolesterol tubuh. (Statnews)

Kadar Kolesterol menjadi hal yang perlu diperhatikan kalau kamu peduli pada kesehatan tubuh. Jika nggak dikontrol, kolesterol tinggi bisa bikin kamu rentan terkena sejumlah penyakit mematikan, lo, Millens. Kamu pun harus segera menurunkannya dengan berbagai cara berikut.

Inibaru.id – Kolesterol adalah salah satu zat lunak yang sebenarnya memiliki peran besar bagi kesehatan tubuh. Zat ini membantu tubuh membentuk membran sel, vitamin D, dan hormon-hormon tertentu.

Sayangnya, karena gaya hidup yang nggak sehat, kadar kolesterol di dalam tubuh bisa naik dan nggak terkontrol. Dampaknya pun bisa sangat buruk karena mampu membuat risiko hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan lain-lain akan meningkat. Padahal, penyakit-penyakit tersebut dikenal sangat mematikan.

Kalau sampai kadar kolesterol di tubuhmu naik, segera lakukan berbagai hal ini agar bisa turun, ya Millens. Yuk, simak cara-caranya!

Berhenti Merokok

Rokok bisa bikin kadar kolesterolmu meningkat, lo. (Fox News)<br>
Rokok bisa bikin kadar kolesterolmu meningkat, lo. (Fox News)

Merokok bikin kolesterol naik. Untuk membuat kadar kolesterol terjaga, sebaiknya berhentilah merokok. Ini akan membantu meningkatkan kadar HDL alias kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat atau HDL. Pembuluh darah pun nggak akan mudah tersumbat sehingga risiko terkena penyakit berbahaya bisa diturunkan.

Olahraga

Olahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat. (Women's Health)<br>
Olahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat. (Women's Health)

Olahraga mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh, termasuk dalam hal menurunkan kadar kolesterol yang sempat naik. Nggak perlu melakukannya lama-lama atau terlalu sering. Kamu bisa melakukannya empat hingga enam kali dalam seminggu. Lakukan selama 30 menit di setiap sesi olahraga.

Nggak hanya menurunkan kadar kolesterol, rutin olahraga juga bisa bikin kamu semakin bugar. Berat badanmu juga akan turun. Asyik, kan, Millens?

Atur Pola Makan

Kurangi makan makanan berlemak dan konsumsi makanan yang sehat untuk meminimalisasi risiko stroke. (Very Well Fit)<br>
Kurangi makan makanan berlemak dan konsumsi makanan yang sehat untuk meminimalisasi risiko stroke. (Very Well Fit)

Jika sebelumnya kamu lebih suka makan junk food atau gorengan, mulai sekarang ubahlah pola makanmu. Makanan-makanan tersebut bisa bikin kolesterol naik sehingga harus dikurangi. Sebaliknya, kini kamu membiasakan diri untuk makan sayuran, buah, biji-bijian, daging, dan ikan. Perhatikan juga cara memasaknya, ya.

Dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat, risiko terkena hipertensi, stroke, dan serangan jantung bisa diturunkan.

Kurangi Konsumsi Alkohol

Alkohol juga bisa bikin penumpukan lemak dalam tubuh, lo. (Express)<br>
Alkohol juga bisa bikin penumpukan lemak dalam tubuh, lo. (Express)

Bagi sebagian orang, alkohol menjadi pelarian untuk mendapatkan kesenangan atau menghilangkan stres. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol bisa meningkatkan kadar kolesterol hingga  merusak fungsi organ tubuh,lo. Sebaiknya kamu mengurangi atau bahkan benar-benar berhenti meminumnya, Millens.

Kalau dengan cara-cara ini kadar kolesterol di tubuhmu nggak kunjung turun, sebaiknya kamu memeriksakan kondisi tubuh ke dokter demi mendapatkan obat atau tips agar bisa segera menurunkannya, ya Millens.  (Rep/IB15/E07)