Kabupaten Semarang Mulai Uji Coba Sekolah Tatap Muka, Daerah Lain Gimana?

Kabupaten Semarang Mulai Uji Coba Sekolah Tatap Muka, Daerah Lain Gimana?
Ilustrasi: Kabupaten Semarang mulai memberlakukan uji coba pembelajaran tatap muka di sekolah. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kabupaten Semarang sudah di status PPKM Level 3 sehingga mulai uji coba sekolah tatap muka. Lantas, bagaimana dengan daerah-daerah lain, termasuk yang masih berstatus PPKM Level 4, ya?

Inibaru.id – Mulai hari ini, Kamis (19/8/2021), Pemerintah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah secara resmi akan mengadakan uji coba sekolah tatap muka. Hal ini disebabkan oleh status kondisi Kabupaten Semarang yang masuk dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

“Sekolah tatap muka mulai diuji coba, terutama sekolah yang berada di naungan Dinas Pendidikan dan Kemenag,” terang Bupati Semarang Ngesti Nugraha kepada wartawan, Kamis (19/8).

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikudpora) Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo menyebut kebijakan uji coba sekolah tatap muka di daerah dengan PPKM Level 3 ini sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Uji coba sekolah ini bakal dilakukan dengan terbatas, yakni siswa yang masuk hanya 50 persen dan jam belajar maksimal hanya sampai pukul 11.00 WIB saja. Siswa yang belajar di sekolah juga bakal digilir.

“Beban mengajar guru akan bertambah. Hal ini sudah dikomunikasikan dengan para guru,” jelas Sukaton.

Nah, uji coba pembelajaran tatap muka ini dilakukan di sebuah SD Negeri dan enam SMP Negeri yang ada di wilayah Ungaran Barat, Ungaran Timur, serta Ambarawa.

Bagaimana dengan Kota Semarang?

Di sejumlah tempat dengan PPKM Level 4, sekolah masih harus dilakukan secara daring. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Di sejumlah tempat dengan PPKM Level 4, sekolah masih harus dilakukan secara daring. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Beda dengan Kabupaten Semarang yang sudah melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah, Kota Semarang justru masih menunggu izin dari Dinas Pendidikan.

“Jadi, PTM dimungkinkan tapi sampai hari ini kami masih belum berkoordinasi secara teknis dengan Kepala Disdik. Nanti kalau memang ada kemungkinan beberapa sekolah seperti itu, harus ada izin tertulis dari Disdik,” terang Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Selasa (17/8).

Mengingat level PPKM di Kota Semarang turun ke Level 3, terjadi penyesuaian di berbagai sektor. Sebagai contoh, mal boleh buka dengan kapasitas pengunjung 50 persen dan jam operasional hingga pukul 20.00 WIB.

Tempat ibadah juga kini boleh diisi 50 persen, nggak lagi hanya 25 persen. Meski begitu, untuk masuk mal, tetap harus membawa bukti sudah divaksin.

Di Kota Semarang sendiri, angka bed occupancy rate (BOR) di lokasi karantina terpusat dan rumah sakit mulai menurun. Kini angkanya di sekitar 17 persen. Meski begitu Hendi berharap masyarakat tetap taat protokol kesehatan.

Di Daerah PPKM Level 4 Nggak Boleh Sekolah Tatap Muka?

Di Jawa-Bali, setidaknya ada 71 kabupaten/kota yang berada di status PPKM Level 4 hingga 23 Agustus 2021. Nah, di tempat-tempat ini, sekolah masih nggak boleh dilakukan secara tatap muka.

Sekolah pun tetap dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh alias belajar secara daring.

Hm, meski kasus Covid-19 di banyak tempat mulai melandai, kita nggak boleh lengah, ya Millens. Semoga saja kondisi terus membaik sehingga sekolah nantinya bisa dilakukan tatap muka lagi. (Det/IB09/E05)