Kabel Penggantung Putus, Dua "Cross Girder" Jembatan Kalikuto Jatuh ke Sungai

Kabel Penggantung Putus, Dua
Jembatan Kalikuto putus. (iNews.id/Eddie Prayitno)

Dua cross girder di Jembatan Kalikuto Tol Batang-Semarang jatuh ke sungai. Sebelum jatuh, goncangan crane diperkirakan menyebabkan kabel penggantung girder-girder ini terputus.

Inibaru.id – Pada Jumat (13/7/2018) sekitar pukul 21.30 WIB, dua cross girder Jembatan Kalikuto yang berada di jalan Tol Batang-Semarang jatuh ke sungai. Dua cross girder tersebut jatuh karena kabel penggantung terkena getaran crane hingga putus.

Manajer Proyek Tol Batang-Semarang seksi 1 dan 2 PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad menjelaskan kronolgi jatuhnya cross girder nomor 7 dan 8 itu.

"Ada getaran dari crane. Terus kabel melintir dan akhirnya putus sehinga menyebabkan cross girder jatuh," ujar Muhammad.

Lebih lanjut, Muhammad menjelaskan, kabel penggantung yang digunakan pada Jembatan Kalikuto masih bersifat sementara. Para pekerja juga rencananya bakal menggantinya dengan kabel penggantung permanen sehingga kabel penggantung yang ada di ujung dilepas terlebih dahulu. Nahas, kabel penggantung lainnya justru ikut terputus.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, pengerjaan jembatan akan dihentikan sementara. Cross Girder yang jatuh juga rencananya akan diambil dan dipasang kembali seperti yang ditulis Kompas.com, Sabtu (14/7).

Target Selesai Pengerjaan Akhir 2018

Jembatan Kalikuto merupakan jembatan yang menjadi penghubung Tol Trans Jawa. Jembatan sepanjang 164 meter ini disebut bisa menahan beban seberat 16 ton. Kendati belum rampung sepenuhnya, Jembatan Kalikuto sudah difungsikan untuk melayani arus balik ke arah Jakarta pada Lebaran 2018 seperti dikutip dari Merdeka.com, (14/6).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Tol Batang-Semarang, termasuk Jembatan Kalikuto, bisa selesai pada akhir tahun ini.

Wah, untungnya nggak ada korban jiwa ya, Millens. Semoga pembangunan Jembatan Kalikuto berjalan lancar dan segera selesai. (IB15/E04)