Just Room Enough Island, Pulau yang Luasnya Hanya Satu Rumah

Just Room Enough Island, Pulau yang Luasnya Hanya Satu Rumah
Just Room Enough Island, pulau yang luasnya hanya satu rumah saja. (Wikipedia/Omegatron)

Ada lo pulau yang luasnya hanya satu rumah berpenghuni saja. Saking kecilnya, kalau kamu keluar halaman rumah bisa langsung nyebur ke sungai yang dingin. Pulau tersebut adalah Just Room Enough Island.

Inibaru.id – Pernah nggak membayangkan sebuah pulau yang luasnya hanya satu rumah saja? Kayaknya seperti di dunia dongeng, ya? Eits, pulau ini beneran ada, lo. Rumahnya juga ada yang menghuninya. Nama pulaunya adalah Just Room Enough Island atau juga dikenal dengan Hub Island.

Pulau Just Room Enough ini ada di Thousand Islands. Yap, meski artinya adalah Kepulauan Seribu, tapi beda banget dengan yang ada di Provinsi DKI Jakarta, ya Millens. Kepulauan ini ada di perbatasan negara bagian New York, Amerika Serikat, dengan Provinsi Ontario, Kanada, tepatnya di atas Sungai Saint Lawrence. Tapi, khusus untuk salah satu pulau berpenghuni terkecil di dunia ini, berada di wilayah Amerika Serikat, tepatnya di desa Alexandria, Jefferson County.

Pulau ini hanya terdiri atas sebuah rumah berukuran kecil dengan satu pintu depan dan dua jendela di bagian muka. Di sisi kanannya ada sebuah pohon berukuran besar. Sementara di sisi kanannya ada taman kecil. Di depan pintu utama, ada sebuah pantai kecil yang bisa dipakai penghuni rumah menikmati aliran sungai yang mengelilinginya.

Bagian belakang rumahnya sudah langsung berbatasan dengan air. Jadi, kalau kamu buka jendela, bisa langsung terjun berenang ke sungai, deh.

Ukuran pulau ini hanyalah 310 meter persegi. Nah, pemilik rumah ini adalah Keluarga Sizeland. Keluarga ini sudah memiliki pulau ini sejak 1950-an. Mereka membelinya bukan untuk terus-terusan ditinggali, melainkan sebagai hunian saat mereka sedang ingin liburan saja.

Luas pulaunya hanya benar-benar pas satu rumah saja, <i>Millens</i>. (Wikipedia/Panoramio/Shizao/Sergey Ashmarin)
Luas pulaunya hanya benar-benar pas satu rumah saja, Millens. (Wikipedia/Panoramio/Shizao/Sergey Ashmarin)

Tempat ini diklasifikasikan sebagai pulau karena memenuhi persyaratan berupa ada daratan yang terus berada di atas permukaan air untuk kurun waktu tertentu. Luasnya sudah melebihi satu kaki persegi, dan punya setidaknya satu batang pohon yang masih hidup.

Sering Dikunjungi Wisatawan

Tujuan awal Keluarga Sizeland membangun rumah di pulau ini adalah agar mereka bisa menjauh dari hiruk-pikuk keramaian. Logikanya, lokasi pulau benar-benar ada di tengah sungai besar sehingga seharusnya hal ini bisa terpenuhi, ya Millens. Sayangnya, harapan tinggal harapan karena banyak wisatawan yang justru mendatanginya.

Memang, para wisatawan ini nggak sampai masuk ke wilayah pulau atau sampai ke dalam rumah, melainkan mengambil foto pulau dan rumah yang sangat nggak biasa ini. Tapi, karena terlalu banyak orang yang datang, tentu bikin Keluarga Sizeland nggak nyaman, bukan?

Kalau di Indonesia, kira-kira ada nggak ya pulau yang isinya hanya satu rumah saja seperti ini, Millens? (Tra/IB09/E05)