Jurus Jitu Agar Kulkas di Rumah Awet dan Tahan Lama

Jurus Jitu Agar Kulkas di Rumah Awet dan Tahan Lama
Ada banyak tips yang bisa dilakukan untuk membuat kulkas menjadi lebih awet. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kulkas menjadi salah satu perangkat elektronik yang mempunyai banyak manfaat. Meski terlihat besar dan kokoh, kalau nggak dirawat dengan baik, kulkas akan mudah rusak. Lantas, bagaimana sih cara agar kulkas bisa tetap awet?

Inibaru.id – Fungsi utama kulkas adalah sebagai tempat penyimpanan makanan agar nggak cepat busuk. Kalau kulkas sampai rusak, maka makanan pun akan lebih mudah basi. Hal ini tentu akan sangat merepotkan, bukan?

Karena hal itu, sebelum kulkas mengalami kerusakan, alangkah lebih bijak jika kamu memahami cara perawatan kulkas dengan baik. Berikut adalah beberapa jurus jitu yang mampu membuat kulkas di rumah awet dan tahan lama.

1. Perhatikan Penempatan Unit Kulkas

Jangan letakkan kulkas di dekat oven. (Apartmenttherapy)
Jangan letakkan kulkas di dekat oven. (Apartmenttherapy)

Selama ini, kebanyakan orang nggak berpikir terlalu jauh untuk menentukan di sebelah mana kulkas akan di letakkan. Nah, ternyata, lokasi penempatan kulkas punya andil khusus dalam menentukan umur kulkas kamu. Hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan lokasi penempatan adalah hindari lokasi yang terlalu panas. Lokasi yang panas hanya akan membuat mesin pada unit, khususnya bagian kompresor, bekerja lebih jauh lebih keras.

Jadi, jangan letakkan kulkas di dekat oven, kompor, atau perangkat rumah tangga sejenis. Jauhkan juga dari pencahayaan matahari secara langsung.

2. Perhatikan Kondisi Karet pada Pintu Kulkas

Kelayakan karet pada pintu kulkas harus diperhatikan. (carabuas.xyz)
Kelayakan karet pada pintu kulkas harus diperhatikan. (carabuas.xyz)

Karet pada pintu kulkas terlihat begitu sepele. Padahal, pengaruhnya sangat besar bagi umur kulkas di rumah kamu. Yap, bibir pintu pada kulkas yang umumnya berbahan karet itu perlu selalu dijaga kelayakannya. Jika pintu nggak lagi mampu tertutup secara rapat, suhu kulkas nggak bisa dingin dan akhirnya mesinnya pun bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhunya.

Cara yang dapat dilakukan adalah lap dengan bersih bagian pintu berbahan karet elastis ini. Jika kamu menemukan kerusakan sekecil apapun, jangan tunda untuk memperbaiki atau menggantinya.

3. Rutin Bersihkan Kondensor Coil

Lakukan pembersihan secara rutin. (ehow.com)
Lakukan pembersihan secara rutin. (ehow.com)

Bagian yang umumnya terletak di bagian belakang atau bawah unit kulkas ini rentan kotor karena tertutup debu. Kalau sampai hal ini terjadi, kinerja kulkas pun jadi nggak maksimal. Alangkah lebih baik jika membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner seenggaknya satu bulan sekali.

4. Jangan Letakkan Barang di Atas Kulkas

Menempatkan barang di atas kulkas ternyata kurang baik untuk dilakukan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Menempatkan barang di atas kulkas ternyata kurang baik untuk dilakukan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sudah menjadi rahasia umum jika bagian atas kulkas menjadi tempat favorit meletakkan barang-barang. Seolah menjadi meja dadakan, beberapa orang sering meletakkan berbagai macam hal di atas kulkas seperti kunci motor, berkas-berkas, buku, hingga makanan ringan.

Sayangnya, kebiasaan ini bisa membuat kulkas cepat rusak. Hal ini disebabkan oleh bagian pembuangan panas dari mesin kulkas jadi terganggu.

5. Perhatikan Isi Kulkas

Isi kulkas bisa mempengaruhi keawetan kulkas. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Isi kulkas bisa mempengaruhi keawetan kulkas. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Jangan mengisi kulkas terlalu penuh, dan jangan pula membiarkan kulkas hidup dalam keadaan kosong. Kepadatan isi kulkas ternyata berpengaruh terhadap sirkulasi udara (dingin) yang terjadi di dalamnya. Kulkas yang terlalu penuh akan menghambat sirkulasi suhu. Sebaliknya, jika terlalu kosong pun mesin akan kesulitan mengatur sirkulasi suhu agar mengisi kekosongan ruang yang ada.

Ada beberapa cara ideal untuk mengisi kulkas. Pertama, jangan letakkan barang-barang yang berukuran terlalu besar di depan kipas internal dalam lemari pendingin. Kedua, perhatikan keseimbangan jumlah barang antara satu kompartemen dengan yang lain. Ketiga, berikan jarak ketika meletakkan barang-barang di dalam kulkas.

Keempat, jangan lupa isi kekosongan ruangan pada kulkas dengan botol atau wadah berisikan air. Terakhir, ketika akan membekukan es di freezer, pastikan ada cukup banyak ruang kosong agar air yang berada dalam wadah masing-masing dapat menyebar dan nggak mengendap menjadi gumpalan.

6. Defrost Secara Rutin

Defrost perlu dilakukan untuk membersihkan bagian freezer. (Flickr/jordimarsol)
Defrost perlu dilakukan untuk membersihkan bagian freezer. (Flickr/jordimarsol)

Kalau sampai bagian freezer dipenuhi dengan bunga es, mesin kulkas pun akan terbebani. Hal ini bisa membuatnya cepat rusak. Gunakan mode defrost untuk menghilangkan bunga es tersebut.

Dari beberapa jurus jitu di atas, mana nih yang udah kamu terapkan untuk merawat kulkas di rumah? (Ber/MG29/E07)