Jugijagijug, Ada Kereta di Bandara Soetta

Perjalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta sekarang dapat menggunakan kereta khusus. Apa saja fasilitasnya?

Jugijagijug, Ada Kereta di Bandara Soetta
Kereta Bandara Soekarno-Hatta. (Infonawacita.com)

Inibaru.id – Millens, kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) resmi beroperasi sejak Selasa (26/12/2017). Kereta yang mempunyai 272 kursi itu melewati tiga bandara, yaitu Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Batu Ceper, dan Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya kereta itu juga akan melewati Stasiun Sudirman.

Setiap hari, terdapat 42 perjalanan menggunakan skytrain ini. Kamu bisa menggunakan kereta ini mulai pukul 03.47 WIB dari Stasiun Sudriman Baru atau pukul 06.10 WIB dari Stasiun Bandara Soetta. Bila mendapat perjalanan malam jangan resah! Kereta ini beroperasi hingga pukul 21.47 WIB dari Stasiun Sudirman Baru bahkan pukul 23.10 WIB dari Stasiun Bandara Soetta.

Kereta bandara atau Railink saat tiba di Stasiun Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Selasa (05/11/2017). (Tirto.id/Andrey Gromico)

Soal fasilitas tak perlu diragukan. Kursi yang nyaman siap ditempati penumpang. Selain itu, setiap kursi juga dilengkapi dengan port USB dan bagasi di atas kursi penumpang. Setiap gerbong juga diberi fasilitas AC dan dua kamar mandi yang nampak bersih seperti yang ditulis Merdeka.com, Rabu (27/12).

Lantas bagaimana cara membeli tiket kereta bandara? Ada dua cara yang dapat ditempuh. Pertama, kamu bisa datang langsung ke stasiun yang tercantum. Setelah itu kamu bisa membeli tiket menggunakan vending machine. Eits, tapi kamu harus menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk melakukan transaksi ini.

Kedua, kamu bisa membeli tiket kereta melalui aplikasi Railink di ponsel pintarmu. Sebelumnya, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi tersebut yang tersedia di Play Store atau Apple App Store. Nah, dengan cara ini kamu dapat membayar via internet banking atau Doku Wallet.

Calon penumpang kereta bandara menempelkan tiket masuk di Stasiun Soekarno- Hatta, Cengkareng, Banten, Selasa (26/12/2017). (Antara Foto/Wahyu Putro A.)

Untuk saat ini hingga 1 Januari 2018, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 30 ribu agar dapat menikmati kereta bandara ini. Setelah itu, pengelola akan menerapkan harga normal yakni Rp 70 ribu tiap perjalanan per 2 Januari 2018.

Kereta bandara ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi para penumpang sekaligus meningkatkan peringkat Bandara Soetta.

“Adanya fasilitas baru ini diharapkan dapat menjadikan Bandara Soekarno-Hatta masuk di jajaran Skytrax bintang 5,” ungkap Presiden Director PT Angkasa Pura II, dikutip dari Liputan6.com, Rabu (27/12).

Enak nih, Millens. Buat kamu yang butuh ketepatan waktu menuju atau dari bandara, kereta ini mungkin bisa menjadi pilihan terbaik buatmu. (IF/GIL)