Jual Makanan dengan Harga Miring, Warung Makan Ini Viral hingga Masuk TV

Jual Makanan dengan Harga Miring, Warung Makan Ini Viral hingga Masuk TV
Potongan koran Tribun yang diabadikan Solifah di rumah sekaligus warungnya. (Inibaru.id/Bayu N)

Solifah nggak pernah menyangka kalau warung makan sederhana yang sudah dia dirikan empat tahun lalu ini viral. Perkaranya, menu yang dijual di sini murah meriah. Cocok deh untuk siapa saja yang pengin berhemat.

Inibaru.id - Bak pisau bermata dua, media sosial kini bisa dengan mudahnya menjadi alat untuk “membunuh” seseorang, mau pun menjadi alat pembawa keberuntungan.

Seperti yang dialami oleh Solifah, seorang pemilik warung makan yang beberapa waktu lalu mendadak viral di media sosial. Siapa yang menyangka, warung makan kecil nan sederhana miliknya ini sempat diliput koran hingga tv nasional lantaran menjual makanan dengan harga super-murah.

Hal ini bermula ketika akun Tiktok @mal.mamal mengunggah video yang menceritakan pengalamannya makan di warung Solifah. Berdua dengan temannya, akun tersebut bercerita bahwa dirinya hanya mengeluarkan uang sepuluh ribu rupiah untuk dua porsi makanan.

Nggak lama, video ini pun ditonton hingga 2,5 juta orang dan mengundang berbagai respon dari warganet.

 “Kaget, Mas. Nggak nyangka bisa viral begitu,” ujar Solifah.

Meski kecil dan sederhana, warung makan ini sudah lama menjadi penolong karyawan pabrik dan anak kos di sekitarnya. (Inibaru.id/Bayu N)
Meski kecil dan sederhana, warung makan ini sudah lama menjadi penolong karyawan pabrik dan anak kos di sekitarnya. (Inibaru.id/Bayu N)

Warung yang berdiri sejak 2017 silam ini memang sangat sederhana. Tapi di dalam kesederhanaan itu, terdapat harapan mulia juga semangat untuk tetap bertahan hidup.

Harga Nggak Lebih dari Rp4.000

Di sini, soto ayam hingga nasi ikan bisa dibeli dengan harga nggak lebih dari Rp4.000. Bahkan, dengan porsi kecil, kamu bisa membeli nasi tahu seharga Rp1.500 saja, Millens! Gokil nggak, tuh?

Solifah berkata, tujuan awalnya semata-mata agar bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, mengingat dirinya kini single parent dan memiliki dua anak. Meski begitu, tentu saja Solifah juga berharap bahwa warungnya tersebut bisa menjadi tempat bagi mereka yang kelaparan tapi nggak punya uang banyak.

“Dulu kan saya mantan karyawan tapi di-PHK. Jadi seenggaknya saya tahu bagaimana rasanya jadi karyawan pabrik yang maunya makan murah tapi tetap kenyang,” kelakarnya sambil merapikan lauk pauk di meja yang sekaligus jadi kasirnya.

Semenjak viral, kini warung Solifah kerap didatangi berbagai kalangan, meski kebanyakan adalah pekerja lapangan. (Inibaru.id/ Bayu N)
Semenjak viral, kini warung Solifah kerap didatangi berbagai kalangan, meski kebanyakan adalah pekerja lapangan. (Inibaru.id/ Bayu N)

Mengenai keuntungan, Solifah mengaku nggak banyak yang bisa didapat. Kendati demikian, menurutnya yang terpenting adalah masakannya laku dan banyak orang terbantu.

Semenjak video Tiktok tersebut viral, banyak media berdatangan ke warung Solifah. Perempuan berkacamata itu juga menceritakan pengalaman lucunya saat diliput oleh salah satu stasiun tv nasional. 

"Dulu gugup banget waktu ada orang tv datang ke sini. Bilang besok setelah salat Jumat mau ada tayangan langsung. Yaudah saya bilangin ke pelanggan buat datang pas lagi syuting biar saya nggak bingung mau ngapain,” ungkap Solifah sembari terkekeh karena mengingat pengalamannya tersebut.

Lebih jauh, Solifah juga mengaku makin beragam orang yang berkunjung ke warungnya semenjak dirinya viral. Kalau dulu kebanyakan pelanggan adalah karyawan pabrik dan anak kos di sekitarnya, kini banyak juga driver ojek online yang mampir untuk makan di warungnya.

Saya kira, niat mulia Solifahlah yang akhirnya membawa berkah bagi dirinya sendiri. Maka dari itu, Millens, jangan pernah berhenti berbuat baik, ya! (Bayu N/E05)