Menteri ESDM: Merapi Aman untuk Wisata Saat Lebaran

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan Gunung Merapi aman untuk dikujungi pada Lebaran nanti. Kendati aman, para wisatawan nggak boleh memasuki radius 3 km dari puncak Merapi.

Menteri ESDM: Merapi Aman untuk Wisata Saat Lebaran
Tempat wisata di Gunung Merapi selalu penuh saat libur panjang. (Grinataadventure.com)

Inibaru.id – Meskipun berkali-kali mengeluarkan letusan dalam beberapa minggu terakhir, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menyebut Gunung Merapi aman bagi wisatawan. Namun, wisatawan hanya diperbolehkan melakukan aktivitasnya di luar radius 3 km dari puncak Merapi sesuai batas aman yang ditetapkan BPPTKG.

Antaranews.com, Jumat (8/8/2018) menulis, Jonan bersama dengan Ketua Tim Posko Nasional ESDM Hari Raya Idul Fitri 2018 yang merupakan Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa meninjau pos pengamatan Gunung Merapi milik Kementerian ESDM di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Selepas melakukan kunjungan, Jonan lantas mengumumkan bila Merapi boleh dikunjungi wisatawan saat libur Idul Fitri.

Jonan mengatakan abu Merapi yang keluar tidak dipicu aktivitas magmatik sehingga dianggap tidak membahayakan. Abu itu memang sempat diketahui mengganggu aktivitas penerbangan di Semarang.

“Hal ini membuat bandara di Yogyakarta dibuka tapi bandara di Semarang ditutup. Padahal, Gunung Merapi lebih dekat ke Yogyakarta, kan? Tergantung abunya dibawa angin ke arah mana,” jelas Jonan.

Selain itu, Jonan juga memastikan anggotanya akan terus memonitor aktivitas Gunung Merapi dengan peralatan yang sudah disediakan. Sejumlah tim relawan juga selalu siaga memantau kondisi gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa tengah dan DI Yogyakarta ini.

Dari beberapa kali letusan yang terjadi pada 11 Mei hingga 1 Juni 2018 lalu, alat-alat pemantau yang ada di pos-pos di sejumlah tempat dekat dengan puncak Gunung Merapi tidak mengalami kerusakan sehingga masih berfungsi dengan baik.

“Saya menilai peralatan di pos pengamatan ini sudah sangat canggih sehingga tidak memerlukan penambahan atau perbaikan,” lanjut Jonan.

Wah, bisa dimasukkan daftar tempat berlibur saat Lebaran nanti nih, Millens. (IB09/E04)