Jokowi Umumkan Dua WNI Positif Corona

Jokowi Umumkan Dua WNI Positif Corona
Jokowi berikan pengumuman dua orang WNI terkena corona. (TIMES Indonesia)

Dua WNI dikabarkan positif terserang virus corona. Kasus ini bermula ketika korban menjalin kontak fisik dengan salah seorang warga negara Jepang yang positif terkena virus menular itu di Jakarta.

Inibaru.id – Senin (2/3/2020), Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa dua WNI positif terserang virus corona setelah terpapar dan menjalin kontak fisik dengan salah seorang warga negara Jepang.

Menurut penelitian tim medis, kejadian bermula ketika warga negara Jepang yang positif corona itu berkunjung ke Indonesia. Orang tersebut kemudian melakukan kontak fisik dengan dua WNI, seorang ibu berumur 64 tahun dan anaknya yang berumur 31 tahun.

“Dicek oleh tim kita pada posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya mendapat laporan dari Pak Menkes (Terawan) bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” kata Jokowi.

Ilustrasi korban penderita virus corona. (Chinatopix via AP)
Ilustrasi korban penderita virus corona. (Chinatopix via AP)

Kini dua WNI itu kini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

“Di Indonesia. Sudah di rumah sakit,” ujar Presiden.

Sementara itu, tim di Indonesia tengah melakukan penelusuran ketat terhadap siapa saja orang yang dijumpai oleh orang Jepang tersebut beserta lokasi pertemuan terjadi. Melansir Malaymail, WN Jepang yang terinfeksi corona adalah seorang perempuan berusia 41 tahun.

WN Jepang itu disebut pernah berkunjung ke Jepang pada Januari dan ke Indonesia pada awal Februari. Sebelumnya dia dikabarkan bekerja di Malaysia, dan oleh otoritas pihak Malaysia WN Jepang itu diidentifikasi positif menderita corona. Menjadi pasien ke-24 yang terjangkiti penyakit menular tersebut.

“Pasien memiliki gejala demam dan menerima perawatan pada 17 Februari dan dikonfirmasi positif pada 27 Februari. Saat ini (WN Jepang) dia sedang diisolasi di RS Kuala Lumpur,” kata Menteri Kesehatan, Terawan Agus P.

Wabah ini makin menjalar saja ya, Milllens! Tetap jaga kesehatan ya! (CNN/MG26/E06)

Tags :