Jokowi Pastikan Ada Anak Muda Masuk Dalam Kabinetnya

Jokowi Pastikan Ada Anak Muda Masuk Dalam Kabinetnya
Saat ditemui di Istana Kepresidenan Bogor, Jokowi menyinggung adanya anak muda yang akan dimasukkan ke dalam kabinetnya. (Medcom.id)

Selain sibuk menyelesaikan masa jabatannya, Joko Widodo yang kembali terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia ke-8 juga mulai menyusun strategi untuk kabinetnya ke depan. Rencananya, dia akan memasukkan anak muda ke dalam kabinetnya kelak. Benarkah?

Inibaru.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang kembali terpilih menjadi presiden periode 2019–2024 menyatakan akan melakukan penyesuaian postur kabinet di periode berikutnya. Ditemui di Istana Kepresidenan Bogor pada pada Senin (1/7/2019), beberapa kali Jokowi menyinggung anak muda yang kemungkinan akan mewarnai kabinet barunya.

“Siapa? Anak muda yang mengerti perubahan-perubahan sekarang ini yang cepat sekali. Kita baru satu belajar, sudah nongol yang lain,” ujarnya, dikutip dari wawancara khusus Medcom.id, Senin (1/7).

Dalam pertemuan eksklusif tersebut, presiden mengungkapkan bahwa generasai muda akan mendapatkan kesempatan duduk di kabinet. Dia yakin, anak muda mampu membuat kabinet lebih segar dan berwarna.

Jokowi yang baru saja merayakan ulang tahun yang ke-58 ini juga menayadari bahwa perkembangan cepat sekali terjadi, sehingga dia yakin tantangan ke depan juga akan berubah.

“Ke depan memang warna untuk yang muda-muda ini pelu diberi ruang. Bisa nanti menteri umur 25 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun,” terang Jokowi.

Menurutnya, Indonesia butuh tokoh yang fleksibel dan menyesuaikan perubahan yang terjadi.

“Yang bisa merespons perubahan itu ya anak muda,” imbuhnya.

Dia juga menekankan kebutuhannya terhadap menteri yang energetik, dinamis, inovatif, serta penuh kreativitas, yang semua karakternya bisa ditemukan dalam diri anak muda.

Ketika ditanyai mengenai presentase, Jokowi belum bisa menentukan dengan pasti.

“Ya, mewarnai lah. Fresh!” kelakar dia.

Jokowi juga menyatakan kemungkinan adanya kementerian baru sesuai kebutuhan saat ini.

“Misal, perlu menteri ekspor, khusus ekspor, menteri investasi atau menteri mengenai digital ekonomi,” imbuh kakek dari Jan Ethes ini.

Dari gelagatnya, Jokowi menandakan bahwa kabinetnya mungkin saja berubah. Dia juga menyatakan jika susunan kabinetnya masih sama akan sangat terlihat kuno.

Semoga rencana Jokowi untuk memasukkan anak muda di kabinetnya ini bukan hanya wacana ya, Millens! Lebih dari itu, semoga anak muda yang dipilih memang punya kompetensi di bidangnya. Kalau menurutmu, siapa anak muda yang pantas menduduki posisi menteri Jokowi? (IB27/E05)