KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi sebagai Capres-Cawapres Pilpres 2019

KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi sebagai Capres-Cawapres Pilpres 2019
Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Resmi Ditetapkan sebagai Capres-Cawapres Pilpres 2019. (Mediaindonesia.com)

Setelah melalukan uji pemeriksaan syarat-syarat administratif, KPU menetapkan dua pasangan ini sebagai peserta Pilpres 2019.

Inibaru.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden. Dengan demikian, keduanya dipastikan bersaing dalam Pemilihan Presiden 2019.

Berdasarkan verifikasi dokumen dan tes kesehatan yang dilakukan KPU beberpa waktu lalu, kedua pasangan tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat seperti ditulis Kompas.com (20/9/2018).

KPU menetapkan capres cawapres Pilpres 2019.. (Merdeka.com)

“Dua pasangan calon yang mendaftar ke KPU Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2019,” kata Ketua KPU Arief Budiman dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (20/9).

Penetapan tersebut dituangkan dalam keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1131/PL.02.2-KPT/06/IX/2018 tentang Penetapan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilihan Umum Tahun 2019.

Pada pemilu kali ini, Jokowi-Ma'ruf mendapat dukungan dari sembilan partai politik, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai NasDem, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Jokowi-Ma'ruf. (Merdeka.com)

Selain itu, ada Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang mendukung pasangan ini

Sementara itu, Prabowo-Sandi didukung lima parpol antara lain Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, dan Partai Demokrat.

Prabowo-Sandiaga. (Bisnis.com)

Kedua pasangan calon ini dijadwalkan mengambil nomor urut pada Jumat (21/9). Semoga Pilpres kali ini bisa berjalan dengan damai ya, Millens. (IB06/E04)