Jokowi-Ma’ruf Amin Resmi Daftar Capres Cawapres 2019

Joko Widodo resmi mendaftar sebagai calon presiden periode 2019-2024 ke KPU. Kali ini, Jokowi menggandeng Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden.

Jokowi-Ma’ruf Amin Resmi Daftar Capres Cawapres 2019
Jokowi dan Ma'ruf Amin usai mendaftar sebagai Capres dan cawapres ke KPU. (Poskotanews.com)

Inibaru.id – Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi mendaftar sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) periode 2019-2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Dengan menggunakan busana senada bernuansa putih, mereka menginjakkan kaki di Kantor KPU pada Jumat (10/8/2018) pukul 09.30 WIB. 

Kedatangan Jokowi ke Gedung KPU sedikit meleset dari rencana awal yakni pukul 09.00 WIB. Kendati demikian, para pendukung dan relawan bakal capres dan cawapres ini ramai menghadiri detik-detik pencalonan di Gedung KPU seperti terlihat dalam siaran yang diunggah di laman Metrotvnews.com (10/8). Kurang lebih ada sekitar 4 ribu anggota gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengurai keramaian serta mengamankan lokasi pencalonan di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2014 capres dan cawapres harus menyerahkan sekitar 16 persyaratan ke KPU. Setelah menyerahkan keenam belas berkas itu, KPU menyatakan berkas Jokowi-Ma'ruf Amin lengkap pada pukul 10.15.

Usai berkasnya diterima, presiden petahana bertubuh ceking dan tinggi itu melakukan konferensi pers di lantai 1 Gedung KPU. Dalam konferensi pers tersebut, Jokowi memberikan sambutan dan pernyataan bila dirinya bersama Ma’ruf Amin masih akan melakukan serangkaian proses lagi untuk menjadi Capres dan Cawapres periode 2019 – 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi mengajak rakyat Indonesia untuk merayakan kegembiraan dalam pesta demokrasi pada Pemilu 2019 mendatang. Selain itu, Jokowi juga menyampaikan apresisasi kepada Prabowo Subianto yang telah mendeklarasikan dirinya untuk maju menjadi bakal capres bersama dengan Sandiaga Uno.

“Demokrasi bukan perang, demokrasi bukan permusuhan, tapi ajang mengadu gagasan, ajang mengadu ide, ajang mengadu rekam jejeak, ajang mengadu prestasi. Jangan sampai karena perbedaan pilihan politik kita menjadi bermusuhan,” katanya.

Setelah proses pendaftaran ini, Jokowi dan Ma’ruf Amin akan melakukan pemeriksaan kesehatan sembari menunggu verifikasi kelengkapan administrasi yang dilakukan selama 11-14 Agustus.

Sebelum ini, Jokowi dan Ma'ruf Amin melakukan deklarasi dan secara resmi memperkenalkan calon wakil presidennya di Gedung Joang ’45, Jakarta pada Jumat (10/8) pagi sebelum menuju ke Gedung KPU.

Semoga segala proses dalam rangkaian pemilu 2019 ini berjalan lancar dan damai ya, Millens. (IB13/E04)