Jokowi Akan Lantik Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Hari Ini

Jokowi Akan Lantik Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Hari Ini
Firli Bahuri, calon Ketua KPK yang akan dilantik. (Antara/Nova Wahyudi)

Hari ini, Jumat (20/12/19), Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik Pimpinan KPK dan Dewan Pengawas KPK. Siapa saja yang berpotensi dipilih Jokowi menduduki jabatan ini?

Inibaru.id – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 di Istana Negara, hari ini, Jumat (20/12/19). Selain pimpinan KPK, presiden juga akan melantik anggota Dewan Pengawas KPK.

CNN Indonesia, Jumat (20/12) menulis, kabar tentang pelantikan pimpinan dan dewan pengawas KPK ini diungkap oleh Staf Khusus Presiden di bidang hukum, Dini Shanti Purnomo.

“Siang 14.30 WIB,” terang Dini menjelaskan tentang waktu jadwal pelantikan.

Sebagai informasi, pimpinan KPK yang akan dilantik adalah Komjen Pol Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pamolango, serta Nurul Ghufron. Lima calon komisioner ini dipilih melalui proses yang cukup panjang. Setelah dipilih oleh tim panitia seleksi yang dibentuk Presiden Jokowi, nama-nama ini kemudian harus melalui mekanisme uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan di Komisi III DPR.

Firli Bahuri dipilih sebagai ketua KPK periode 2019-2023. Sementara itu, empat nama lainnya dipilih sebagai wakil ketua. Terpilihnya Firli sebagai ketua sempat mendapatkan protes dari masyarakat antikorupsi. Alasan penolakannya karena ada dugaan bahwa Firli melanggar kode etik saat melakukan tugas di KPK sebelumnya.

Khusus untuk Dewan Pengawas KPK, hingga saat ini belum dipastikan siapa saja yang akan mengisi jabatan tersebut. Hanya saja, Jokowi sempat menyebut beberapa nama seperti mantan Hakim Agung di MA Artidjo Alktotsar, mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, dan hakim Albertina Ho. Khusus untuk Artidjo, banyak orang yang mendukungnya karena dikenal beberapa kali menambah hukuman bagi koruptor.

Beberapa nama lain juga sempat ramai dibicarakan di media sosial, namun hingga saat-saat terakhir, belum ada kejelasan siapa saja yang akan dipilih oleh presiden.

Kalau menurut Millens, siapa nih yang pantas untuk mengisi jabatan anggota Dewan Pengawas KPK? (IB09/E06)