Jokowi Akan Bangun Istana di Papua, Ini Tanggapan Bappenas

Jokowi merespons permintaan wakil Papua untuk membangun istana negara di Jayapura. Begini pendapat Bappenas terkait dengan rencana ini.

Jokowi Akan Bangun Istana di Papua, Ini Tanggapan Bappenas
Pertemuan antara tokoh dari Papua dan Papua barat dengan Presiden Jokowi. (Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay)

Inibaru.id – Presiden Joko Widodo mengiyakan permintaan wakil Papua yang meminta dirinya membangun istana kepresidenan di Papua. Hal ini diungkap saat pertemuan dengan tokoh dari Papua dan Papua Barat di Istana Negara pada Selasa, (10/9/2019).

Jokowi menyebut dirinya bakal membiarakan hal ini dengan para menteri terkait. Bila disetujui, pembangunan istana negara di Papua ini akan dimulai pada 2020.

Pemimpin rombongan para tokoh ini, Abisai Rolio menyumbangkan tanahnya sebanyak 10 hektare sebagai lokasi pembangunan istana kepresidenan tersebut.

“Saya menyumbangkan tanah seluas 10 hektare untuk dijadikan lokasi pembangunan istana presiden. Nanti presiden nggak hanya berkunjung ke sana, namun juga berkantor di sana,” ungkap Abisai dilansir laman Tempo, Selasa (10/9).

Jokowi sempat terkejut dengan pernyataan ini dan kembali bertanya tentang keseriusannya terkait dengan lahan tersebut.

“Benar? 10 hektare gratis? Tanahnya sudah ada? Jadi hari ini de facto sudah diserahkan?” tanya Jokowi.

Setelah memastikan bahwa lahan ini memang sudah ada, Jokowi langsung berdiskusi dengan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto. Setelah diskusi inilah Jokowi memastikan bahwa istana bisa dibangun di Jayapura tahun depan.

“Ini saya kan diskusi dulu dengan para menteri. Nanti saya ngomong iya ternyata nggak ada dananya. Ya jadi, mulai tahun depan istana bisa dibangun,” ucapnya disambut tepuk tangan para tokoh dari Papua dan Papua Barat.

Menanggapi hal ini, Deputi Pengembangan Regional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Rudy Prawiradinata menyebut pihaknya masih melakukan pendalaman terkait hal ini.

“Sudah ada rencananya di pembangunan jangka panjang. Tapi kan belum spesifik,” ucap Rudy.

Kalau menurut Millens, apakah pembangunan istana negara di Papua bisa ikut mempengaruhi penyelesaian masalah yang terjadi di sana, sekarang? (IB09/E04)