Joko Driyono Ditetapkan Sebagai Tersangka

Aparat telah menyita 75 barang bukti dari rumah dan ruang kerja Joko Driyono sebelum menetapkan statusnya sebagai tersangka.

Joko Driyono Ditetapkan Sebagai Tersangka
Joko Driyono, Plt Ketum PSSI yang ditetapkan sebagai tersangka. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Inibaru.id – Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono (Jokdri) ditetapkan sebagai tersangka oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola dari Kepolisian RI. Joko dianggap terbukti melakukan perusakan barang bukti kasus pengaturan skor.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan, nggak menutup kemungkinan, sejumlah dokumen yang ditemukan jadi petunjuk untuk pengusutan kasus di Liga 1 seperti yang ditulis Kompas, Jumat (16/2).

"Setiap temuan akan dikembangkan,” kata Dedi, Jumat (15/2/2019).

Baca juga: Exco PSSI Bakal Gelar Rapat Darurat Usai Ditetapkannya Joko Driyono Jadi Tersangka

Hal ini dibenarkan Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Komisaris Besar Argo Yuwono. Dia menuturkan adanya dugaan perusakan barang bukti di bekas kantor PT Liga Indonesia yang sudah dipasang pita polisi.

Penggeledahan sebelumnya dilakukan di kediaman Jokdri di Apartemen Taman Rasuna Tower 9, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (14/2). Setidaknya 26 penyidik terlibat dalam penggeledahan ini dan berhasil menyita 75 barang bukti melansir Medcom.id.

“Barang bukti yang disita berupa laptop, ponsel, ATM, buku tabungan, dan bukti transfer. Jumlahnya sekitar 75 item,” terang Argo.

Selain Jokdri, sebelumnya aparat telah menetapkan 11 tersangka. Tujuh telah ditangkap dan sisanya empat masih berstatus buron. Mereka yang sudah ditangkap adalah mantan Anggota Wasit Priyatno, Wasit Futsal Anik Yuni Artika Sari, Anggota Komite Eksekutif PSS Johar Lin Eng, Anggota Komisi Disiplin Dwi Irianto, Wasit Nurul Safarid, Staf Direktur Perwasitan PSSI Mansyur Lestaluhu, serta Pemilik Klub PSMP Vigit Waluyo.

Semoga saja penetapan status tersangka Joko Driyono ini bisa menjadi gerbang untuk membabat habis mafia sepak bola di Indonesia, ya Millens. (IB09/E05)