Jinak-Jinak si Kucing Galak, Begini Cara Mendekatinya!

Jinak-Jinak si Kucing Galak, Begini Cara Mendekatinya!
Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kucing galak jadi jinak. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kendati terlihat jinak, nggak semua kucing suka dipegang. Nah, biar nggak digerami si kucing galak, begini cara mendekatinya!

Inibaru.id – Di antara sekian banyak piaraan di rumah, kucing mungkin menjadi salah satu yang terlihat paling jinak. Namun, jinak-jinak si kucing galak, nggak semua kucing suka didekati orang, apalagi kalau yang mendekati adalah sosok asing. Untuk kucing seperti ini, jangan sembarangan menyentuhnya, ya!

Alih-alih dibalas dengan mengusap-usapkan tubuh, bisa jadi kucing galak itu bakal mencakar kalau kamu mendadak menyentuhnya. Lalu, gimana cara untuk bisa menyentuhnya tanpa membuar ia marah atau menghindar?

Kenapa Kucing Jadi Galak?

Kucing galak bisa saja mencakar atau menggigit kamu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Kucing galak bisa saja mencakar atau menggigit kamu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Seperti manusia, kucing juga mengenali siapa yang berinteraksi dengannya. Ia akan menunjukkan mekanisme pertahanan diri saat merasa terancam. Beberapa bentuk pertahanan diri itu antara lain dengan menggeram, menggigit, atau mencakar.

Lalu, kenapa kucing menjadi galak? Pada umumnya, kucing piaraan sejatinya mudah akrab dengan manusia. Namun, terkadang mereka menjadi galak dan agresif karena pernah mendapatkan perlakuan buruk dari manusia atau sering dilempar, dipukul, dan disakiti.

Perasaan nggak nyaman pada kucing itu pun kemudian memunculkan rasa takut, lalu menganggap semua orang akan menjahatinya. Biar nggak disakiti, mereka pun menjadi lebih agresif saat disentuh atau bahkan sekadar didekati orang.

Nah, agresivitas kucing itu biasanya ditampilkan dengan cara menggeram, menggigit, dan mencakar orang asing yang mendekat. Wah, bisa bahaya kan kalau kamu nggak tahu!

Empat Cara Jinakkan Kucing Galak

Kalau sudah merasa nyaman, kucing biasanya akan mau mendekatimu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Kalau sudah merasa nyaman, kucing biasanya akan mau mendekatimu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kucing galak sebaiknya nggak kamu dekati secara mendadak karena bakal berpotensi bikin kamu tersakiti. Namun, sebetulnya membuat mereka jadi jinak bukanlah pekerjaan yang sulit. Kamu bisa memulainya dengan empat cara ini!

1. Dekati Tanpa Kontak Fisik

Saat bertemu seekor kucing yang belum pernah dilihat sebelumnya, kamu sebaiknya nggak langsung memegang atau mengelusnya, khususnya yang punya sifat jinak-jinak tapi galak. Lihatlah situasinya, lalu dekati dengan perlahan.

Penting bagimu untuk terlihat ramah, tapi tetap waspada. Kucing asing yang baru kamu temui bisa saja nggak nyaman dengan kehadiranmu. Alhasil, ia akan lari atau apesnya bakal melukaimu.

Nah, kalau setelah kamu dekati, meski masih menampilkan mimik galak, kucing terlihat penasaran denganmu, cobalah menemaninya. Pedekate-lah istilahnya. Kamu bisa duduk atau berada di dekatnya tanpa melakukan kontak fisik.

Biarkan kucing tahu kalau kamu nggak akan melakukan tindakan yang membahayakan mereka.

2. Berikan Sedikit Camilan

Kalau kucing sudah nyaman di dekatmu kendati nggak kamu menyentuhnya, cobalah trik paling klasik untuk menjinakkan hewan, yakni dengan memberikan camilan. Camilan ini bisa berupa makanan kucing dalam kemasan, ikan segar, atau penganan lain yang memungkinkan untuk dikonsumsi kucing.

Umumnya, kucing bakal mendekat kalau ada makanan. Trik ini cocok untuk kucing penakut, tapi bisa jadi gagal untuk kucing yang galak. Jika beruntung, momen ini bisa kamu manfaatkan untuk berinteraksi ringan dengannya.

3. Usap Punggungnya

Saat kucing sudah mulai berani mendekat atau makan makanan yang kamu berikan, jangan ragu untuk mencoba mengelus punggungnya. Lakukan dengan gerakan yang lembut dan nggak mendadak. Kalau si kucing galak sudah percaya padamu, biasanya ia membiarkanmu mengusap punggungnya, kok.

4. Gendong Perlahan

Kalau kucing sudah mau kamu elus dan tubuhnya sudah diletakkan di lantai seperti tiduran, cobalah untuk menggendongnya, lalu memeluknya di ekitar dada. Awalnya, ia mungkin akan tegang. Ini bakal terlihat dari kukunya yang dikeluarkan dan melakukan gerakan mencengkeram.

Namun, perlahan cengkeraman itu bakal mengendur kalau kamu memperlakukannya dengan lembut. Saat itulah ia akan luluh dan menjadi jinak. Selamat, kamu sukses menjinakkan si galak! (Kom/IB09/E03)