Jenazah Thoriq Belum Bisa Dievakuasi dari Gunung Piramid

Jenazah yang diduga Thoriq ditemukan di lereng Bukit Piramid, Bondowoso, pada Jumat (5/7/2019). Hanya saja, lokasi jenazah yang berada di lereng dengan kemiringan 75 derajat membuat tim pencari susah untuk mengevakuasinya.

Jenazah Thoriq Belum Bisa Dievakuasi dari Gunung Piramid
Proses pencarian jenazah Thoriq di Gunung Piramid, Bondowoso. (Terbitan)

Inibaru.id – Kasus hilangnya remaja pendaki Gunung Piramid, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur bernama Thoriq Rizki Maulidan mulai menemukan titik cerah. Setelah dinyatakan hilang saat mendaki gunung bersama dengan tiga temannya, kini jenazah yang diduga adalah Thoriq ditemukan di salah satu lereng gunung tersebut.

Thoriq mulai melakukan pendakian di kawasan Pegunungan Argopuro bersama dengan tiga rekannya pada Minggu (23/6). Pada hari Selasa (25/6), Thoriq dinyatakan hilang saat akan menuruni Gunung Piramid.

Tim Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Bondowoso pun diterjunkan di lokasi penemuan jenzah itu.

“Kami terjunkan tiga orang untuk mengidentifikasi jenazahnya,” terang Kasatreskrim Polres Bondowoso AKP Jamal seperti ditulis laman Kompas, Sabtu (6/7/2019).

Setelah diidentifikasi, jenazah akan dievakuasi dan kemudian diotopsi di Rumah Sakit Daerah dr. Koesnadi.

“Kami autopsi dulu dengan melibatkan tim dokter rumah sakit, baru nanti kami berikan ke keluarganya,” lanjutnya.

Hanya saja, posisi jenazah sangat sulit untuk dievakuasi karena berada di lereng dengan kemiringan 75 derajat. Selain itu, cuaca yang kerap berubah di lokasi membuat proses evakuasi semakin sulit untuk dilakukan.

Sebagai informasi, setelah 12 hari dinyatakan hilang, jenazah yang diduga Thoriq ditemukan pada Jumat (5/7). Saat itu, sekitar pukul 15.30 WIB seorang anggota Tim SAR Gabungan bernama Eko Wahyu Prasetyo menemukan jenazah di salah satu lereng di Bukit Piramid. Laporan ini langsung membuat tim Basarnas kembali membuka Operasi SAR Bukit Piramid.

Gunung Piramid sebenarnya adalah salah satu bukit yang termasuk dalam kawasan Pegunungan Argopuro dengan ketinggian 1.521 meter di atas permukaan laut. Jalur pendakian gunung ini dikenal sangat sempit dengan kedua sisi berupa jurang yang cukup dalam. Selain itu, jalurnya juga cenderung curam dan rentan longsor.

Semoga saja jenazah Thoriq bisa segera dievakuasi tim SAR ya, Millens. (IB09/E04)