Jenazah Tersenyum Laskar FPI itu Ternyata Masih Hidup

Jenazah Tersenyum Laskar FPI itu Ternyata Masih Hidup
Foto yang disebut 'jenazah' oleh oknum FPI di akun Twitter. (Twitter/Jaqchrome)

Di sejumlah media sosial, viral foto jenazah tersenyum yang disebut-sebut sebagai laskar FPI yang tewas usai bentrok dengan polisi beberapa saat lalu. Ternyata, foto tersebut nggak benar, Millens. Orang yang ada dalam foto tersebut ternyata masih hidup!

Inibaru.id - Belum usai kehebohah warganet dengan kasus tewasnya pengawal Habib Rizieq yang bentrok dengan polisi, muncul lagi berita heboh di media sosial yang memunculkan foto seorang jenazah tersenyum. Jenazah itu dikabarkan adalah salah seorang pengawal yang meninggal.

Salah satu akun yang mengunggah foto tersebut adalah akun Twitter @Ponirahmujahid1 yang mengklaim bahwa unggahannya diperoleh langsung dari tempat kejadian perkara (TKP).

"Jenazah Mujahid begitu Harum Wangi Semerbak, sampai dokter RS Polri Dr. Sukamto Kramatjati bingung dan heran. (Info di TKP)," tulis akun @Ponirahmujahid1, Rabu (09/12/2020).

Dalam foto tersebut, tampak seorang pria tengah terbaring dan dalam keadaan tersenyum.

Apa yang kau lihat saudaraku, sehingga senyummu begitu indah. Jika kau memang bersalah, tidak mungkin wajahmu begitu bahagia. Kita pasti mati, dan apa yang kita kerjakan akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah,” demikian keterangan yang tertempel pada foto yang viral itu.

Tangkapan layar klarifikasi pria yang dianggap sebagai jenazah yang ternyata masih hidup. (Twitter/narkosun)<br>
Tangkapan layar klarifikasi pria yang dianggap sebagai jenazah yang ternyata masih hidup. (Twitter/narkosun)

Setelah foto itu viral dan diterbitkan di sejumlah media, akhirnya terkuak bahwa foto tersebut ternyata palsu. Akun Twitter @narkosun mengungkapnya dengan menampilkan video klarifikasi langsung dari pria yang didapuk menjadi “jenazah tersenyum” itu.

"HOAX LAGI....HOAX LAGI. Viral, katanya syuhada FPI meninggal dengan wajah tersenyum. Judul beritanya bombastis: "Masya Allah Bikin Begidik! Jenazah Pasukan Habib Rizieq Tersenyum Indah saat Meninggal," tulis @narkosun memberi keterangan unggahannya.

"Ternyata orangnya masih hidup. Kapan tobat mereka bikin hoax?" sambungnya.

Dalam video yang diunggah @narkosun, pria yang diberitakan meninggal itu ternyata masih hidup dan memberikan penjelasannya.

"Itu gambar kemarin, itu pas waktu acara habib datang itu, terus dikirim ke pembela ulama habib," terangnya dalam bahasa daerahnya.

Jangan mudah percaya dengan berita atau foto-foto yang belum jelas kebenarannya, ya, Millens. Bisa jadi malah kita ikut-ikutan menyebar informasi nggak benar, deh. (Sua/IB28/E07)