Jembatan Kali Kuto Sudah Bisa Dilalui Pemudik

Jembatan Kali Kuto Sudah Bisa Dilalui Pemudik
Jembatan Kali Kuto sudah selesai. (Tribun Jateng/Dhian Adi Putranto)

Jembatan Kali Kuto Gringsing akhirnya sudah bisa dilalui oleh pemudik yang akan menuju ke Semarang sejak Rabu (13/6/2018). Ini sesuai dengan target perkiraan bahwa jembatan akan selesai dibangun pada H-2 Lebaran 2018.

Inibaru.id Jembatan tol fungsional yang menghubungkan Kabupaten Batang dengan Semarang, yakni Jembatan Kali Kuto di Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, sudah bisa beroperasi sejak Rabu (13/6/2018) kemarin. Hal ini disampaikan oleh Kepala Korps Satuan Lalu Lintas Polri (Karkolantas), Irjen Pol Royke Lumowa, seusai meninjau langsung progres pembangunan Jembatan Kali Kuto.

"Progres sampai saat ini sudah 93 persen. Besok bisa dibuka. Jembatan ini akan dibuka satu jalur saja untuk arus mudik dan balik ini," kata Royke seperti ditulis Detik.com, Selasa (12/6/2018).

Dengan beroperasinya Jembatan Kali Kuto ini, pintu keluar Gringsing akan dibuka satu pintu untuk pemudik dari Jakarta ke Kendal. Dipastikan pula pemudik yang menuju ke arah Semarang yang menggunakan jalur tol fungsional akan lancar tanpa perlu memotong jalur nasional seperti sebelumnya.

Sebelumnya, Jembatan Kali Kuto ini masih ada di titik krusial. Sebab, jembatan tersebut dibangun dengan model swing arch melengkung yang memiliki tingkat kerumitan tersendiri dibandingkan dengan jembatan biasa. Sehingga jembatan ini baru bisa difungsikan pada H-2 Lebaran 2018.

Berikut kondisi lalu lintas di Jembatan Kali Kuto.

(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

(Dok Istimewa)

(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

(IB07/E03)