Bukan di Luar Negeri, Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara Ada di Indonesia

Bukan di Luar Negeri, Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara Ada di Indonesia
Jembatan Gantung Situ Gunung. (Kumparan)

Indonesia punya jembatang gantung terpanjang di Asia Tenggara, lo. Itu adalah Jembatan Gantung Situ Gunung yang baru diresmikan Menteri Koordinator (Menko) bidang kemaritiman Luhur Binsar Panjaitan, Sabtu (9/3/2019).

Inibaru.id – Sobat Millens, tahu nggak kalau Indonesia punya jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara? Yap, jembatan itu berlokasi di Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat. Jembatan ini baru diresmikan Menteri Koordinator (Menko) bidang kemaritiman Luhur Binsar Panjaitan, Sabtu (9/3/2019) kemarin.

Situ Gunung Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ Gunung memiliki panjang 243 meter dan lebar 1,2 meter. Jembatan ini menggantung setinggi 107 meter dari dasar tanah. Hasil kerjasama antara Balai Besar TNGGP dengan PT Fontis Aqua Vivam itu disusun menggunakan kayu ulin dan kayu merbau seberat 80 ton seperti ditulis Kompas.com, Selasa (12/3).

Letak jembatan yang mulai dibangun sejak Mei 2017 ini cukup strategis, yaitu berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi.

Sebelum menyeberangi jembatan ini, kamu harus menyiapkan mental dulu, Millens. Kamu juga nggak boleh gampang panik karena saat melintas, jembatan akan terguncang dengan sangat kencang. Apalagi saat berada di tengah jembatan, sensasi yang kamu dapat bakal bertambah.

Hasil gambar untuk jembatan gantung situ gunung

Pengunjung melintasi Jembatan Gantung Situ Gunung. (Inilah Foto)

Tenang saja, setelah sampai di ujung jembatan, guncangan berangsur menghilang, kok. Dari ujung jembatan, kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Curug Sawer yang jaraknya sekitar satu kilometer dari jembatan gantung.

Kendati agak serem melentasi jembatan, kamu nggak perlu khawatir. Keamananmu bakal terjaga, kok. Saat tiba di pintu masuk, petugas akan memasang sabuk pengaman di pinggang pengunjung yang datang. Petugas juga disiagakan di bagian tengah jembatan untuk membantu wisatawan yang mengalami kendala dalam menyeberang.

Kalau kamu suka wisata alam yang menantang, jembatan gantung ini patut masuk dalam daftar kunjungamu. Selain menguji adrenalin, kamu juga bakal disuguhi hamparan pohon berdaun hijau di bawah jembatan. Ada pula sungai besar yang berda tepat di bawah jembatan.

Eits, tapi wisata ini nggak cuma-cuma, lo. Kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000 per orang untuk melintasi jembatan ini. Gimana, tertarik menjajal wisata ini? (IB24/E04)