Jelang Pelantikan, Jokowi Bocorkan Susunan Menteri pada Kabinet Baru
Jokowi bersama menteri Kabinet Kerja Jilid I saat Lomba Agustusan lalu. (Instagram/sekretariat_kabinet)

Jelang Pelantikan, Jokowi Bocorkan Susunan Menteri pada Kabinet Baru

Masa kerja Kabinet Kerja jilid I telah berakhir. Partai-partai politik mulai merapat, masyarakat pun mulai menebak, siapa yang dipilih presiden untuk menduduki kursi menteri. Menjelang pelantikan, Presiden Joko Widodo memberi sedikit bocoran terkait susunan kabinetnya.

Inibaru.id – Menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019 mendatang, Jokowi mulai mengungkap komposisi menteri kabinet baru. Jokowi mengatakan kabinet baru akan diduduki wajah lama ditambah dengan beberapa wajah baru.

“Ya adalah, (menteri) yang lama ada, (menteri) yang baru banyak,” kata Jokowi seperti ditulis laman Antaranews, Rabu (16/10/2019).

Selain komposisi antara menteri lama dan baru, Jokowi juga mengungkap 55 persen menteri berasal dari kalangan profesional. Dari segi umur, Jokowi dikabarkan melibatkan kalangan muda dengan usia di bawah 30 tahun untuk menduduki kursi menteri.

Saat ini Jokowi terlihat sering mengadakan pertemuan dengan para pimpinan partai baik koalisi maupun opisisi. Sejumlah tokoh partai yang ditemui Jokowi yakni Megawati Soekarnoputri, Surya Paloh, Suharso Monoarfa, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartato, Susilo Bambang Yudhoyono, dan terakhir rivalnya di Pilpres Prabowo Subianto. Pertemuan tersebut diperkirakan terkait dengan pembahasan kursi-kursi strategis di pemerintahan.

Meski demikian, belum ada pengumuman resmi terkait susunan menteri pada kabinet baru. Berdasarkan rencana, pengumuman tersebut dilakukan secepatnya setelah pelantikan presiden.

Semoga menteri yang terpilih adalah menteri yang total bekerja untuk rakyat dan bisa mengambil keputusan dengan tepat serta prorakyat ya, Millens. (MG28/E04)