Jelang New Normal, Ikuti Tips Aman Jalan-Jalan di Mal Ini

Jelang New Normal, Ikuti Tips Aman Jalan-Jalan di Mal Ini
Panduan New Normal saat jalan-jalan atau berbelanja di Mal. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah akan segera berakhir. Indonesia pun akan memasuki fase new normal. Lantas, seperti apa ya tips jalan-jalan di mal yang aman agar nggak terinfeksi Covid-19 di fase new normal?

Inibaru.id – Setelah beberapa bulan pergerakan masyarakat dibatasi di sebagian daerah, kini Indonesia mulai menatap fase baru, yakni fase new normal. Di fase ini, masyarakat mau nggak mau harus kembali beraktivitas dengan normal meski pandemi Covid-19 masih sulit untuk dikendalikan. Mereka harus melakukan pencegahan agar tidak tertular virus corona saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Salah satu tempat yang akan kembali membuka aktivitasnya seperti biasa adalah mal. Di tempat ini, kamu nggak hanya belanja, namun juga jalan-jalan atau refreshing. Masalahnya adalah kalau kamu nggak melakukan pencegahan, bisa jadi akan tertular virus corona.

Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan saat jalan-jalan di mal di masa new normal sebagaimana dirilis oleh Kementerian Koperasi dan Unit Kecil Menengah melalui akun Twitternya @KemenkopUKM.

Wajib Pakai Masker

Memakai masker saat berbelanja di mal atau supermarket. (Sehatq)
Memakai masker saat berbelanja di mal atau supermarket. (Sehatq)

Masker kini telah menjadi benda yang wajib untuk digunakan saat hendak keluar rumah. Kalau kamu mau datang ke mal, sebaiknya juga tetap memakainya. Kalau kamu bisa membawa masker bedah sekali pakai, akan jauh lebih baik. Hanya, kalau kamu hanya memiliki masker kain, pastikan untuk memakainya maksimal 4 jam, ya!

Menjaga Kebersihan Tangan

Cuci tangan menggunakan sabun (Shutterstock)
Cuci tangan menggunakan sabun (Shutterstock)

Para pengunjung diharuskan untuk menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan sebelum masuk mal di tempat yang sudah disediakan. Selain itu, kamu sebaiknya juga membawa hand sanitizer. Segera gunakan peralatan ini setelah menyentuh sesuatu di mal atau memegang uang.

Pengukuran Suhu Tubuh

Ilustrasi cek suhu tubuh (infokomputergrid.id)
Ilustrasi cek suhu tubuh (infokomputergrid.id)

Pengecekan suhu tubuh juga wajib dilakukan sebelum memasuki area mal. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila ada orang yang ternyata memiliki suhu lebih tinggi dari normal dan dicurigai memiliki gejala Covid-19. Pengecekan biasanya dilakukan di pintu masuk oleh petugas dengan menggunakan thermal gun.

Jaga Jarak

Selama di mal atau supermarket harus pandai-pandai menjaga jarak. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Selama di mal atau supermarket harus pandai-pandai menjaga jarak. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Menjaga jarak wajib dipatuhi oleh para pengunjung yang hendak berbelanja, baik saat berkeliling toko membayar belanjaan, berada di lift, atau bahkan berada di tangga. Mereka harus memberikan jarak dengan pengunjung lain. Selain menjaga jarak, pengunjung juga diharuskan untuk nggak berdesakan antar sesama pengunjung demi mencegah virus corona.

Mengutamakan Transaksi Non-Tunai

Transkasi lebih aman dengan cashless. (Jurnal.id)
Transkasi lebih aman dengan cashless. (Jurnal.id)

Uang menjadi salah satu media perpindahan virus corona yang sangat cepat mengingat uang bisa dipegang oleh banyak orang. Demi menghindarinya, kamu sebaiknya mulai mempertimbangkan penggunaan transaksi non-tunai baik itu dengan dompet digital atau dengan memakai kartu kredit.

Kalau kamu memiliki dompet digital, cukup siapkan ponselmu untuk memindai barcode yang telah disediakan. Transaksi pun jadi lebih aman.

Disiplin

Disiplln saat berbelanja (detikhealth)
Disiplln saat berbelanja (detikhealth)

Kalau kamu disiplin dalam memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan melakukan protokol pencegahan Covid-19 lainnya, maka nggak akan mudah tertular virus corona saat jalan-jalan di mal.

Gimana Millens, sudah punya rencana untuk jalan-jalan di mal mana saat new normal nantinya diberlakukan belum nih? (Oke/Mg31/E07)