Jawaban dari Misteri Terdamparnya Paus Bungkuk 11 Meter di Hutan Amazon

Jawaban dari Misteri Terdamparnya Paus Bungkuk 11 Meter di Hutan Amazon
Paus Bungkuk Terdampar di Hutan Amazon. (Daily Mail)

Bangkai seekor anakan paus bungkuk berukuran 11 meter ditemukan terdampar di antara semak hutan Amazon pada Sabtu (23/2/2019) oleh para peneliti Brasil. Kok bisa?

Inibaru.id – Peristiwa ajaib menggemparkan para pakar margasatwa Brasil karena menemukan bangkai paus bungkuk di hutan hujan Amazon pada Sabtu (23/2/2019). Mamalia yang diketahui berbobot 10 ton itu ditemukan terbaring di semak belukar bagian terpencil rawa bakau Pulau Marajo di mulut Sungai Amazon.

Bangkai paus sepanjang 11 meter tersebut pertama kali ditemukan oleh para pejabat dari departemen kesehatan, sanitasi, dan lingkungan negara saat mengikuti burung pemangsa. Seperti ditulis Kumparan.com, Selasa (26/2), para peneliti menduga, paus bungkuk itu terdampar usai disapu gelombang pasang, hingga akhirnya terlepas dari kawanannya.

"Kami masih tidak yakin bagaimana ia mendarat di sini, tapi kami menduga makhluk itu mengambang dekat ke pantai dan air pasang yang cukup besar selama beberapa hari terakhir melemparkannya ke daratan, ke dalam rawa bakau," ujar Renata Emin, pemimpin Bicho D'agua Institute dikutip dari The Independent, Senin (25/02).

Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan seekor paus bisa terdampar. Di antaranya adalah faktor lingkungan, seperti cuaca buruk hingga penyakit. Ada pun faktor lain yang menyebabkan mereka terdampar adalah fenomena badai matahari. Ledakan energi elektromagnetik yang disebabkan matahari bisa menghancurkan navigasi yang dimiliki paus.

Sementara dalam kasus ini, Emin mengatakan paus yang terdampar di hutan Amazon adalah anakan yang terpisah dari induknya. Mamalia laut itu kemudian mengalami stres hingga mengonsumsi banyak plastik.

Kendati demikian, untuk studi lebih lanjut, para peneliti mulai mengambil sampel dari bangkai tersebut untuk mengetahui kondisi paus sebelum mati.

"Kami mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang bisa kami dapatkan dan mengidentifikasi tanda serta luka di tubuhnya untuk melihat apakah ia terperangkap di jaring atau tertabrak perahu," sambungnya.

Para peneliti juga akan membongkar kerangka hewan besar itu untuk dilestarikan dan dikirim ke museum sejarah alam di Kota Belem. Kalau menurutmu yang mana penyebab paus itu terdampar di tengah hutan, Millens? (IB07/E05)