Jateng Raih Penghargaan Perencana Pembangunan Daerah Terbaik Se-Indonesia
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo atas kategori Provinsi dengan Perencana Pembangunan Daerah Terbaik se-Indonesia. (Humas.jatengprov)

Jateng Raih Penghargaan Perencana Pembangunan Daerah Terbaik Se-Indonesia

Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjadi nomor satu dalam kategori Perencanaan dan Pembangunan Daerah (PPD). Bappenas pun mengganjar penghargaan PPD Terbaik 2019 yang diserahkan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Inibaru.id – Jawa Tengah (Jateng) diganjar penghargaan sebagai provinsi dengan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik 2019 oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima penghargaan ini langsung dari Presiden Jowo Widodo saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Hotel Shangrila, Jakarta, pada Kamis (9/5/2019).

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jateng Prasetyo Ariwibowo, reformasi birokrasi menjadi faktor utama yang mendasari pemberian penghargaan ini.

“Jateng kini unggul di sisi perencanaan, inovasi, dan integrasi program. Selain itu, kemiskinan juga semakin menurun dan fungsi kelembagaan juga semakin efektif,” terang Prasetyo dilansir dari laman Jawapos, Kamis (9/5).

Berbagai faktor ini mengantarkan Jateng mengungguli Provinsi Jawa Timur dan Sumatera Selatan yang harus puas di urutan kedua dan ketiga. Lebih menarik lagi, di tingkat kota dan kabupaten, dua wilayah di Provinsi Jawa Tengah juga dinobatkan sebagai yang terbaik.

“Di tingkat kabupaten, Temanggung meraih peringkat kedua terbaik. Sementara itu, Kota Semarang mampu menjadi yang terbaik di kategori PPD Terbaik serta Penerapan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU),” lanjut Prasetyo.

Di kategori PPD Tingkat Kota, Kota Semarang mengungguli ibukota Bali, Denpasar, dan Ibukota Sulawesi Selatan, Makassar. Sementara itu, Kabupaten Temanggung hanya kalah dari Kabupaten Tanah Datar tapi masih di atas Kabupaten Tabanan.

Semoga penghargaan ini lebih memacu birokrasi untuk semakin terdepan dalam pembangunan daerah baik fisik maupun sumber daya manusianya. Selamat!  (IB09/E04)