Jaringan Internet 5G Telkomsel Sudah Aktif, Perlu Ganti Kartu SIM Biar Bisa Menikmatinya?

Jaringan Internet 5G Telkomsel Sudah Aktif, Perlu Ganti Kartu SIM Biar Bisa Menikmatinya?
Jaringan internet 5G Telkomsel mulai aktif pada Kamis (27/5/2021). (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Era 4G bakal segera berganti jadi 5G. Jaringan internet 5G Telkomsel telah resmi aktif mulai hari ini, Kamis (27/5/2021). Apakah kita perlu ganti kartu SIM?

Inibaru.id – Yang dinanti-nanti akhirnya terealisasi juga. Jaringan internet 5G Telkomsel akhirnya mulai aktif pada Hari ini, Kamis (27/5/2021). Banyak orang yang kemudian penasaran seperti apa layanan internet di jaringan paling mutakhir di Indonesia ini. Hanya, untuk bisa menikmatinya, apakah perlu ganti kartu SIM?

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro pun menjawab pertanyaan ini. Kalau menurutnya, nggak perlu kok sampai harus ganti kartu SIM. Untuk sekarang, cukup dengan memakai Kartu SIM 4G yang sebelumnya kamu miliki, sudah bisa kok menikmati jaringan internet 5G.

“Jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4Gm terang Setyanto di Kantor Kominfo, senin (24/5).

Meski begitu, kamu juga membutuhkan persyaratan lain, yakni ponsel pintar yang kamu miliki sudah kompatibel untuk jaringan 5G. Kalau belum, tentu saja nggak akan bisa, Millens.

Untungnya, meski jaringan 5G baru ada kali ini di Indonesia, sudah ada banyak ponsel pintar yang kompatibel untuk jaringan ini. Tapi, kamu juga tetap harus mengecek di spectrum frekuensi mana ponsel pintar kamu bisa dipakai untuk menikmati jaringan ini.

Jadi gini, Millens, jaringan 5G milik Telkomsel ada di frekuensi N40 alias di 2.300 sampai 2.400 MHz. Nah, ponsel pintar kamu harus kompatibel di pita frekuensi ini. Kalau kamu bingung, bisa kok mengecek lagi spesifikasi ponsel pintar kamu di situs resminya. Pastikan dulu juga kamu tahu tipe apa ponsel pintar yang kamu miliki, ya?

Untuk saat ini, kartu SIM 4G bisa dipakai untuk menikmati jaringan 5G Telkomsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Untuk saat ini, kartu SIM 4G bisa dipakai untuk menikmati jaringan 5G Telkomsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Belum Mencakup Seluruh Wilayah Indonesia

Satu hal lain yang harus kamu tahu adalah, jaringan internet 5G Telkomsel ini belum mencakup seluruh wilayah Indonesia. Maklum, karena baru saja diluncurkan, hanya tersedia di enam wilayah di sekitar Ibu Kota seperti Kelapa Gading, PIK, BSD, Alam Sutera, Pondok Indah, serta Widya Chandra. Meski begitu, sudah ada rencana untuk memperluas jaringan ini di kota-kota besar lainnya seperti Balikpapan, Batam, Denpasar, Bandung, Makassar, Solo, dan Medan.

Yang menarik, lagi-lagi Telkomsel menjadi yang pertama dalam peluncuran jaringan baru. Dulu, jaringan 3G dan 4G juga kali pertama diluncurkan provider ini. 

FYI, Millens, jaringan 5G nggak hanya soal kecepatan internet atau komunikasi antar-manusia, lo. Kalau menurut pakar telekomunikasi Heru Sutadi, keberadaan jaringan ini bakal mendukung kecerdasan buatan, blockchain, internet of things, serta VR dan AR. Intinya sih, bakal mendukung perkembangan teknologi dan bisnis di Indonesia yang juga semakin bergantung pada internet.

Wih, nggak nyangka ya, Millens, akhirnya jaringan internet 5G sampai juga di Indonesia. Kamu tertarik nggak untuk mencoba jaringa internet 5G Telkomsel atau menunggu seluruh provider di Indonesia memilikinya saja? (Kum/IB09/E05)