Jarang Disadari, Begini Ciri-Ciri WhatsApp yang Disadap dan Cara Mencegahnya

Jarang Disadari, Begini Ciri-Ciri WhatsApp yang Disadap dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi WhatsApp web. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Jika beberapa ciri berikut ini terjadi di ponselmu, fix WhatsApp-mu telah disadap orang nggak bertanggung jawab! Lalu gimana cara untuk mencegah penyadapan ini?  

Inibaru.id – WhatsApp merupakan aplikasi percakapan yang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Bahkan pihak WhatsApp mengklaim bahwa mereka memiliki keamanan paling tinggi dengan enkripsi end to end. Artinya, isi percakapanmu hanya kamu (dan Tuhan) yang tahu. Pihak Whatsapp nggak bisa ikut mengakses.

Namun hal ini nggak menutup kemungkinan bahwa akun WhatsApp-mu diretas oleh orang lain. Hal ini biasanya terjadi saat kamu lupa me-logout  WhatsApp web saat menggunakan laptop atau PC. Hal ini memungkinkan peretas mengakses WhatsApp-mu.

Ciri-ciri Akun Whatsapp Diretas

Nah berikut ini adalah ciri-ciri bahwa WhatsApp-mu tengah diretas oleh orang lain:

1. Baterai Ponsel Cepat Habis

Kamu patut curiga saat baterai ponselmu cepat habis namun kamu nggak merasa melakukan aktivitas apapun di ponsel. Bisa jadi ponselmu telah terkena spyware dari aplikasi yang berasal dari sumber yang nggak jelas. Hal ini dapat meretas akun medsosmu nggak terkecuali WhatsApp.

2. Muncul Notifikasi Nggak Jelas

Berhati-hatilah ponselmu mengeluarkan suara bel atau getaran layaknya tengah menerima notifikasi namun nggak ada notifikasi apa pun yang masuk. Hal ini menjadi indikasi bahwa WhatsApp-mu tengah dijalankan oleh peretas secara diam-diam.

Pesan yang sudah terbaca adalah ciri peretasan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya
Pesan yang sudah terbaca adalah ciri peretasan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya

3. WhatApp Hang

Saat seseorang tengah memata-matai WhatsApp-mu dari jarak jauh, hal ini bisa saja menyebabkan aplikasi WhatsApp di ponselmu berjalan lebih lambat dari biasanya. Hal ini terjadi karena penggunaan RAM yang berlebihan untuk menjalankan aplikasi.

4. Pesan Telah Terbaca

Kamu patut waspada jika pesan yang belum kamu baca sudah terbuka dengan sendirinya. Hal yang lebih serius bisa saja akan ada pesan masuk dari nomor asing yang telah terbaca padahal kamu belum membukanya.

5. Ponsel Cepat Panas

Ponsel dengan WhatsApp yang tengah diretas akan cepat panas meski layarnya tengah dimatikan. Meski layarnya mati, namun ada proses yang tengah terjadi di background yang tentu membahayakan.  Hal ini bisa terjadi saat peretas tengah mengoperasikan WhatsApp-mu dari jarak jauh melalui spyware yang telah terpasang di ponselmu.

Tips Mencegah Akun Whatsapp Diretas

Apa yang harus dilakukan agar tidak diretas? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya
Apa yang harus dilakukan agar tidak diretas? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya

Agar akun WhatsApp-mu nggak disadap oleh pihak yang bertanggungjawab, kamu dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

- Klik tanda titik tiga di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp.

- Pilih WhatsApp web.

- Pilih 'logged in computers' dan lihat status 'currently active’.

 -Jika ada perangkat lain yang terdaftar, tandanya akun WhatsApp-mu tengah diakses oleh orang lain juga.

- Putus sambungan perangkat dengan menekan pilihan menu ‘Log out from all devices’.

Modus peretasan ini kini juga semakin beragam, Millens. Salah satunya yang perlu kamu waspadai adalah munculnya jendela pop up misterius di ponselmu yang meminta persetujuan. Jangan sampai kamu memilih setuju agar WhatsApp-mu nggak terbobol.

Peretas ini juga biasanya akan mengirimkan kode OTP lewat SMS. Jika kamu kurang cermat, maka kamu bisa saja kehilangan akun WhatsApp-mu. Jadi tetap berhati-hati ya! (Oke/IB27/E05)