Jangkau Pendengar Lebih Luas, International Keroncong Festival Tarik Minat Anak Muda Semarang

Siapa bilang keroncong hanya bisa dinikmati generasi tua? Musik ini juga enak didengarkan di telinga anak muda, lo. Nggak percaya? Yuk simak liputan berikut ini!

Jangkau Pendengar Lebih Luas, International Keroncong Festival Tarik Minat Anak Muda Semarang
Penampilan salah satu seniman keroncong di International Keroncong Festival 2018 di Taman Indonesia Kaya. (Inibaru.id/ Artika Sari)

Inibaru.id - Rizka Yuliana tampak asyik mengangguk-anggukkan kepalanya menikmati gubahan tembang "Dia" milik musikus Anji. Kendati diaransemen ulang dalam irama keroncong, itu nggak menghentikan perempuan 23 tahun ini untuk berdendang bersama teman-temannya. Pada Inibaru, dia mengaku cukup senang dengan adanya International Keroncong Festival.

"Saya tahu dari iklan di jalan, terus sepertinya asyik, makanya ke sini sama teman-teman. Bagus, saya suka dengernya." tutur Rizka.


Didukung tata panggung yang wah, penampilan para seniman makin memukau. (Inibaru.id/ Artika Sari)

Menurut Rizka, keroncong bisa menarik minat anak muda asalkan juga dibawakan musikus muda. Dengan adanya musisi muda, keroncong akan bisa berkembang karena menjangkau pendengar lebih luas.

"Kalau dibawakan anak muda, ini ngebantu melepas citra keroncong yang identik dengan orang tua. Kita juga jadi suka dengerinnya," tambahnya.

Setali tiga uang dengan Rizka, Erna Setiawati menganggap festival ini bisa jadi acara yang menarik. Perempuan 30 tahun ini memutuskan langsung datang ke Taman Indonesia Kaya, tempat digelarnya International Keroncong Festival, usai bekerja.

"Menurut saya festival seperti ini perlu diadakan secara rutin. Musik nggak seharusnya dibatasi gender, bisa dinikmati siapapun tanpa batasan usia. Keroncong pun bisa, lo, menarik di telinga anak muda, dan ini terbukti," kata Erna.

Lain Erna, lain pula Ajeng Ananda. Meski tampak menikmati pertunjukkan, dia mengatakan belum cukup tertarik untuk mendengarkan keroncong seperti antusiasmenya mendengarkan lagu-lagu K-Pop.

Ajeng mengatakan, "Mungkin bakal lebih asyik kalau ada banyak musikus muda yang ngenalin musik ini ke kita, jadi musik ini juga bisa menjangkau mereka yang belum melek keroncong,"

Musik memang masalah selera, tapi nggak ada salahnya kalau kamu mengeksplorasi musik keroncong lebih jauh, Millens. Keroncong pun terbukti bisa dinikmati telinga anak muda. Nggak percaya? Nonton aja Keroncong International Festival yang dimulai pukul 18.00-23.00 WIB. Eh, kalau nggak bisa datang, kami bisa pantengin acara ini secara streaming di Inibaru, lo. Asyik, kan?

Duh, jadi ketagihan musik keroncong, nih. Ada rekomendasi lagu keroncong yang oks banget nggak, Millens? (Artika Sari/E05)