Jangan Sering Dikonsumsi, Minuman Ini Bisa Picu Serangan Jantung

Jangan Sering Dikonsumsi, Minuman Ini Bisa Picu Serangan Jantung
Sejumlah minuman tidak sehat yang bisa memicu serangan jantung. (Flickr/ Didriks)

Nggak hanya makanan nggak sehat, ada lo minuman yang bisa memicu serangan jantung. Kamu pun harus menghindari minuman-minuman ini, Millens.

Inibaru.id – Banyak orang yang berpikir kalau serangan jantung lebih sering dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Padahal, kebiasaan minum yang nggak baik juga bisa menjadi penyebabnya.

Mengingat serangan jantung bisa sangat mematikan, sebaiknya kamu harus tahu deh minuman-minuman yang bisa picu serangan jantung. Berikut adalah minuman-minuman tersebut.

Minuman Bersoda

Siapa sih yang nggak suka dengan soft drink alias minuman bersoda. Bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan suhu panas setiap hari, minuman ini bisa memberikan kesegaran luar biasa sekaligus menghilangkan dahaga dengan cepat. Sayangnya, di balik kesegaran minuman ini, ada bahaya yang tersimpan di dalamnya.

Minuman soda atau soft drink bisa memperburuk kesehatan jantung. (Flickr/ Dean Hochman_)
Minuman soda atau soft drink bisa memperburuk kesehatan jantung. (Flickr/ Dean Hochman_)

Jadi, coba deh kamu mengecek daftar kandungan di setiap botol minuman bersoda yang kamu minum. Pasti kamu bakal menemukan kandungan gula minuman ini sangatlah tinggi. Sejumlah jenis minuman bersoda bahkan bisa jadi memiliki kandungan gula dalam sekaleng yang jumlahnya jauh lebih tinggi dari batasan asupan maksimal gula harian.

Kalau kamu terbiasa mengonsumsi minuman tinggi gula, dampaknya bisa sangat buruk bagi jantung dan pembuluh darah, lo. Bahkan, menurut penelitian, kalau kamu mengonsumsi lebih dari 350 ml soda per hari, kadar lemak darah bakal semakin menumpuk dan hal ini bisa menjadi awal dari serangan jantung yang mematikan.

Minuman Berenergi

Minuman energi. (Flickr/

Ryan Albrey)
Minuman energi. (Flickr/ Ryan Albrey)

Kalau kamu bukan orang yang membutuhkan energi besar untuk beraktivitas layaknya para tukang bangunan atau para atlet, sebaiknya nggak sembarangan minum minuman energi deh. Tanpa disadari, kandungan gula dan natrium minuman ini sangatlah tinggi sehingga bisa memicu peningkatan tekanan darah, mengganggu ritme denyut jantung, dan lain-lain.

Pada Juni 2021 lalu, misalnya, seorang laki-laki asal Inggris bernama Lee Kamen sampai terkena serangan jantung gara-gara minum minuman energi 8 sampai 12 kaleng setiap hari.

Minuman Beralkohol

Minuman alkohol. (Flickr/

Graham Hills)
Minuman alkohol. (Flickr/ Graham Hills)

Sering dianggap sebagai minuman gaul, realitanya minuman  beralkohol bisa menyebabkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan kalau sering dikonsumsi. Kalau kamu rajin meminumnya, risiko terkena serangan jantung pun bakal meningkat dengan signifikan, Millens.

Selain itu, alkohol juga terbukti bisa memberikan efek buruk bagi liver-mu. Pokoknya, hindari deh minuman alkohol demi kesehatan tubuhmu, ya Millens!

Kopi

Minum kopi terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatan. (Flickr/

Heather Whitelaw)
Minum kopi terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatan. (Flickr/ Heather Whitelaw)

Sebenarnya sih, ya, kopi termasuk dalam minuman sehat. Tapu, kalau dikonsumsi dengan berlebihan seperti sampai lebih dari 6 cangkir setiap hari, maka risiko terkena peningkatan tekanan darah hingga terkena serangan jantung bakal meningkat.

Dampak dari minuman ini bahkan bisa jadi lebih buruk kalau kopi yang kamu konsumsi adalah kopi instan yang biasanya tinggi kandungan gula. Kamu tahu sendiri kan dampak dari kebiasaan mengonsumsi gula berlebihan bisa sangat buruk bagi jantung kamu.

Jadi, sudah tahu kan kalau kamu sebaiknya menghindari minuman yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung ini, ya? (Cnn/IB09/E05)