Jangan Sembarangan! Serum Harus Sesuai Jenis Kulit

Jangan Sembarangan! Serum Harus Sesuai Jenis Kulit
Jangan asal memakai serum ya. (Shutterstock/Ecosy via Kompas)

Mau kulit wajah tetap awet muda? Perawatan yang kamu pilih harus tepat. Salah satunya menyesuaikan serum dengan jenis kulitmu. Jangan sembarangan, ya. 

Inibaru.id – Banyak orang, khususnya perempuan mempercayakan perawatan wajah dengan menggunakan serum. Memang, serum dapat membawa perubahan besar buat wajah. Perawatan ini dapat meregenerasi sel. Nggak heran jika orang-orang yang rajin memakai serum memiliki wajah yang glowing.

Asal kamu tahu, Millens, serum dibuat secara khusus dengan bahan-bahan yang oke punya seperti vitamin dan mineral untuk merawat lapisan kulit wajah hingga ke bagian dalam. Konsistensi serum berbasis air sehingga dapat menyerap dengan lebih cepat. Beda dengan skincare lain yang berbahan dasar minyak.

Tapi, bukan berarti kamu bisa asal mengaplikasikan serum ya. Kamu harus menyesuaikannya dengan jenis kulitmu supaya hasilnya maksimal. Mau tahu serum yang paling tepat dengan kulitmu? Simak yuk!

Serum yang Sesuai Jenis Kulit

1. Serum Berbahan Ringan untuk Kulit Berjerawat

Serum dengan salicylic acid untuk kulit berjerawat. (Shutterstock via Gatra)
Serum dengan salicylic acid untuk kulit berjerawat. (Shutterstock via Gatra)

Kalau kulitmu berjerawat, sebaiknya kamu memilih serum dengan kandungan salicylic acid, vitamin C dan hyaluronic acid. Serum dengan bahan ini biasanya ringan dan lembut sehingga cocok buat kulit berjerawat. Salicylic acid dan vitamin C akan mengurangi efek kemerahan maupun peradangan jerawat.

2. Serum Hyaluronic Acid untuk Kulit Berminyak

Pusing karena nggak tahu minyak di wajah harus diapakan? Tenang, pakai saja serum dengan bahan hyaluronic acid, ceramide, marine, dan protein. Serum dengan hylarunic acid dapat menghidrasi kulit tanpa menyebabkannya semakin berminyak.

Asal kamu rutin melakukan perawatan dengan serum berbahan ini, minyak di wajahmu bakal berkurang.

3. Serum dengan Emolien untuk Kulit Kering

Kulit kering? Gunakan serum dengan emolien. (Shutterstock via Suara)
Kulit kering? Gunakan serum dengan emolien. (Shutterstock via Suara)

Kulit kering biasanya karena kekurangan cairan. Akibatnya, pori-pori terlihat besar, kulit kasar, dan garis wajah tampak lebih jelas. Bukan cuma karena pengaruh dari dalam tubuh, perubahan cuaca juga bisa bikin kulit jadi kering.

Kalau kamu memiliki kondisi kulit kering karena dua faktor itu, serum berbahan hyaluronic acid, emolien, dan antioksidan bisa dipilih. Serum ini dapat mengikat cairan di dalam kulit wajah.

Emolien dalam serum bermanfaat untuk melembutkan dan menjaga kelembapan pada kulit wajah. Waktu yang paling pas untuk mengaplikasikan serum ini adalah setelah mandi.

4. Hydrating Serum untuk Samarkan Masalah Kulit Kombinasi

Perawatan kulit kombinasi memang nggak sesederhana merawat satu jenis kulit. Biasanya, orang dengan kondisi ini mempunyai dua jenis kulit, yaitu kulit kering serta kulit berminyak pada area dagu, hidung, dan dahi.

Supaya kulit wajah tetap lembab, kamu bisa menggunakan hydrating serum yang sesuai untuk semua jenis kulit. Bahan ini bakal menyamarkan masalah kulit kombinasi. Salah satu bahan yang bisa kamu pilih adalah hyaluronic acid yang memiliki tekstur ringan.

Jadi, hyaluronic acid merupakan senyawa yang disinyalir mempunyai banyak manfaat luar biasa dalam merawat dan membantu mencegah penyumbatan minyak. Jika minyak nggak bisa keluar, jerawat bisa muncul.

5. Serum Kolagen dan Vitamin C untuk Kulit Normal

Siapa bilang kulit normal nggak butuh serum? Kamu yang berkulit normal bisa memilih serum dengan hyaluronic acid, kolagen, dan vitamin C. Vitamin C akan meningkatkan biosintesis kolagen di kulit sehingga lebih kenyal dan mengurangi kerutan halus.

Pengaplikasian serum untuk semua jenis kulit di atas sebaiknya nggak berlebihan. Cukup tuangkan serum 1-2 tetes untuk sekali pakai. Tepuk-tepuk perlahan dengan ujung jari. Eh, satu lagi, gunakan secara rutin ya! Jadi, serum yang kamu pakai sudah sesuai dengan kondisi kulitmu apa nggak nih, Millens? (Pop/IB21/E07)