Jangan Sembarangan, Perhatikan Waktu dan Cara Memotong Kuku yang Tepat

Jangan Sembarangan, Perhatikan Waktu dan Cara Memotong Kuku yang Tepat
Memotong kuku. (Oomph)

Seberapa sering sih kamu sebaiknya memotong kuku? Lalu, bagaimana cara memotong kuku yang benar? Simak penjelasannya yuk!

Inibaru.id – Peran kuku sangat penting bagi tubuh. Kuku berfungsi melindungi jari-jari yang lembut dan dipenuhi urat saraf. Karena itulah kuku perlu untuk dirawat. Salah satu cara merawatnya yakni rajin memotong kuku. Namun, kapan sih semestinya kuku dipotong?

Rata-rata kuku seseorang tumbuh dengan kecepatan 3 milimeter per bulan. Meski begitu, pertumbuhan kuku di setiap orang itu berbeda-beda. Usia juga mempengaruhi dalam hal ini.

Melansir dari laman Hellosehat (4/1/2018), kuku orang dewasa sebaiknya dipotong tiap dua minggu sekali. Sementara itu, kuku anak-anak disarankan dipotong seminggu sekali karena mereka sering bermain di tempat yang menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab cacingan.

Kendati demikian, jangan terlalu sering memotong kuku ya. Kuku yang sering dipotong akan mudah rusak, bentuknya pun nggak rata, dan memicu terjadinya cantengan (sakit pada sudut ujung jari akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit).

Nggak hanya frekuensi memotong kuku, cara memotong kuku pun mesti diperhatikan. Gunakan gunting kuku kecil yang berujung bulat untuk memotong kuku jari tangan dan kuku jari kaki yang kecil. Sementara, untuk memotong kuku jempol kaki, gunakan pemotong kuku yang lebih besar. Ingat, jangan potong kuku menggunakan gigi ya, Millens!

Oh iya, kuku sebaiknya dipotong dengan arah lurus sehingga potongan di ujung kuku terlihat seperti persegi, bukan oval. Jangan memotong sisi-sisinya hingga membentuk lekukan karena dapat memicu cantengan. Perhatikan juga bagian kultikula, jangan sampai kamu memotongnya ya.

Selain itu, jangan potong kuku terlalu pendek. Sisakan sekitar satu sampai dua milimeter supaya terhindar dari cantengan dan infeksi. Nah, seusai memotong kuku, kamu dapat menghaluskannya dengan kikir yang biasanya terdapat di gunting kuku. Selamat mencoba! (IB18/E04)