Awas, Jangan Sembarangan Pasang Veneer Gigi

Memasang veneer gigi di salon mungkin lebih terjangkau. Tapi ada risiko yang siap menghampiri. Mulai dari tertular penyakit hingga kematian.

Awas, Jangan Sembarangan Pasang Veneer Gigi
Veneer gigi. (Hellosehat)

Inibaru.id – Semakin banyak orang yang tertarik untuk memasang veneer gigi. Dengan mendapatkannya, maka gigi bisa memiliki penampilan yang lebih menarik sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Meningkatnya peminat veneer gigi ini membuat ‘salon gigi’ kian menjamur di berbagai tempat. Sayangnya, hal ini justru membuat proses veneer gigi bisa jadi nggak lagi aman untuk dilakukan.

Detik.com, Rabu (20/2/2019) menulis, veneer gigi sebenarnya adalah lapisan porselen tipis yang ditempatkan pada permukaan gigi. Lapisan inilah yang membuat gigi memiliki penampilan yang jauh lebih menawan. Meski proses pemasangan veneer gigi ini tergolong mudah, pakar kesehatan menyarankan untuk nggak sembarangan melakukannya di ‘salon gigi’. Jika diabaikan, bisa jadi kamu justru akan mengalami masalah kesehatan yang nggak bisa disepelekan, lo.

Hal ini diungkap oleh akun Instagram @korbantukanggigi. Akun ini mengungkap tentang praktik ilegal dan berbahaya dari banyak sekali oknum tukang gigi yang berterbaran di berbagai tempat. Bahkan, banyak oknum tukang gigi yang ternyata juga membuka penawaran jasa veneer gigi.

Menurut drg. Rifqie Al Haris yang mengelola akun Instagram ini, banyak pasien yang akhirnya datang ke dokter gigi setelah datang ke tukang gigi abal-abal demi memasang veneer gigi. Beberapa masalah kesehatan yang dikeluhkan adalah infeksi bakteri dan kanker mulut.

“Veneer sebenarnya perawatan one way ticket. Email gigi yang terkikis tidak akan bisa kembali lagi seperti semula setelah mendapatkan penanganan ini. Karena alasan inilah veneer gigi nggak bisa dilakukan sembarangan,” ungkap drg. Rifqie.

Menurut drg. Rifqie, meningkatnya tren perawatan salon gigi juga berbanding lurus dengan meningkatnya kasus masalah kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, ada risiko lain yakni tertular penyakit berbahaya akibat penggunaan alat yang nggak steril atau jarum suntik bergantian. Masalahnya adalah bisa jadi penyakit menular ini berpotensi mematikan.

Mulai sekarang harus selalu berhati-hati ya, Millens. (IB09/E05)