Jangan Sampai Terlewat! Berbagai Fenomena Langit Ini Bakal Ada di Bulan April!

Jangan Sampai Terlewat! Berbagai Fenomena Langit Ini Bakal Ada di Bulan April!
Fenomena langit di sepanjang April 2019. (Pexels)

Mungkin, gerhana bulan maupun gerhana matahari adalah fenomena yang sering dinanti oleh masyarakat. Bahkan, nggak sedikit yang mengabadikan momen tersebut. Nah, kamu harus tahu nih! Ternyata ada lo fenomena langit lain dan tentunya layak juga untuk diabadikan. Penasaran?

Inibaru.id – Buat kamu yang hobi mengabadikan fenomena langit, nampaknya bulan April ini bakal jadi bulan hoki untukmu. Soalnya, di bulan keempat ini akan ada berbagai fenomena yang tentunya sayang jika dilewatkan. Kuy simak infonya, Millens!

Merkurius Bertemu Venus

Pada 12 April, Merkurius akan menanjak naik hingga mencapai elongasi barat yang maksimum, sedangkan Venus perlahan turun mengejar matahari. Pergerakan dua planet ini akan berada pada titik temu pada 17 April dan di masa itulah, keindahan dua planet ini bisa kamu amati sebelum fajar menyingsing.

Mars Berpapasan dengan Bulan

Planet Mars akan berpapasan dengan bulan pada 9 April mendatang dan terus melakukan pergerakan ke barat hingga akhir bulan. Pada proses tersebut, kamu dapat melihat keindahan Mars saat matahari terbenam hingga pukul 20:00 waktu setempat.

Jupiter Berpapasan dengan Saturnus

Selama bulan April keindahan planet Jupiter dan Saturnus pun dapat dinikmati masyarakat, mulai dari tengah malam hingga menjelang fajar. Keduanya pun akan berpapasan dengan bulan, tepat di tanggal 23 dan 26 April mendatang.

Uranus dan Neptunus Eksis

Uranus dan Neptunus sebagai planet es raksasa pun nggak ingin ketinggalan. Keduanya pun akan menunjukkan eksistensinya sepanjang April. Eitsss, tapi berbeda dengan planet-planet sebelumnya yang bisa dilihat dengan kasat mata, untuk kedua planet ini butuh bantuan teleskop, ya! Sebagai planet terjauh, Neptunus dapat dinikmati keindahannya saat menjelang fajar bersama Merkurius dan Venus, Millens! Jadi, jangan sampai ketinggalan yak!

Hujan Meteor

Oya, selain fenomena langit dari pergerakan planet dalam tata surya, akan ada juga hujan meteor lyrid pada tanggal 23 April ini. Wah, mantap nggak tuh? Bahkan, bukan hanya itu! Pada tanggal 19 April juga akan ada bulan purnama yang konon akan menjadi waktu yang tepat untuk mengamati kontur bulan beserta kawahnya. Duh, keren banget deh ya! Sayang banget kalau sampai kelewatan, he-he. (IB23/E05)