Belanjakan Uang THR secara Bijak dengan Tips Berikut

Belanjakan Uang THR secara Bijak dengan Tips Berikut
Ilustrasi THR. (Shutterstock)

THR-mu sudah cair belum nih, Millens? Kalau sudah, yuk pakai uang THR dengan bijak.

Inibaru.id – Hari Raya Idul Fitri kurang sebentar lagi nih, Millens. Nggak sabar rasanya berkumpul dengan orang tua, saudara, dan keluarga besar untuk saling berbagi kebahagiaan. Nggak hanya har raya yang ditunggu. Bagi yang sudah bekerja, pasti juga menunggu-nunggu turunnya Tunjangan Hari Raya (THR). Ha-ha.

Sayang, beberapa orang seringkali salah memanfaatkan uang THR. Tahu-tahu uang sudah habis nggak bersisa entah dipakai apa saja. Nah, agar uang THR kamu nggak terbuang sia-sia, berikut cara mengelola uang THR dengan bijak.

Membayar Zakat dan Sedekah

Sebelum menggunakan THR untuk hal-hal lain, pastikan sisihkan uang tersebut untuk membayar zakat. Zakat yang perlu dibayar setiap umat muslim saat Lebaran adalah zakat fitrah. Kalau kamu punya penghasilan yang banyak dan sudah dalam nasab tertentu, kamu juga diharuskan membayar zakat mal.

Membayar Utang

Jika kamu masih memiliki utang yang harus dibayar segera, usahakan untuk mengalokasikan uang THR untuk membayarnya. Utang itu bisa berupa cicilan motor, tagihan kartu kredit, bahkan alokasi pembayaran pajak. Jangan sampai kamu berfoya-foya engan uang THR tapi masih punya utang ya.

Belanja Pakaian untuk Keluarga

Membeli pakaian baru memang bukanlah hal yang wajib. Namun, membeli pakaian baru untuk ayah, ibu, dan saudara dapat memberikan kebahagiaan untuk mereka. Momen seperti ini memiliki kesan yang dalam untuk keluarga. Jadi, nggak ada salahnya kamu mengalokasikan uang THR sebanyak 10-20 persen untuk membeli pakaian baru.

Belanja Jamuan Lebaran dan Angpao

Sesuai dengan tradisi yang ada di Indonesia, saat Lebaran, setiap rumah akan dipenuhi dengan jamuan bagi para tamu yang datang. Hidangan yang biasanya ada di antaranya ketupat, opor ayam, dan kue kering. Keperluan ini mesti diperhitukan dengan cermat supaya hidangan tersaji dengan pas alias nggak kelebihan atau kekurangan. Selain kebutuhan hidangan, kamu juga perlu menyediakan uang angpao untuk adik dan sepupu yang masih kecil. 

Sisihkan Uang untuk Tabungan dan Investasi

Setelah menyisihkan uang untuk zakat dan keperluan pada hari raya, sisa THR bisa kamu tabung untuk keperluan mendatang. Kamu juga bisa menginvestasikan sebagian uang THR-mu ke saham, emas, atau media investasi lainnya. Presentase untuk alokasi ini antara 30-40 persen.

Itulah beberapa cara untuk membelanjakan uang THR dengan bijak. Hal trpenting, pandai-pandailah menyusun prioritas ya, Millens. Eh, sudah dapat THR belum? (IB07/E04)