Jangan Sampai Keliru, Ini Cara Membedakan Telur Bagus dan Telur Busuk

Jangan Sampai Keliru, Ini Cara Membedakan Telur Bagus dan Telur Busuk
Ilustrasi telur. (Flickr/calliope)

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang harus selalu tersedia di rumah. Masalahnya adalah terkadang telur yang akan kita masak ternyata sudah membusuk dan nggak bisa dikonsumsi. Karena alasan inilah kamu harus lebih cermat saat memilih telur sebelum membelinya.

Inibaru.id - Telur termasuk dalam sembilan bahan pokok makanan yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah dibuat dan dikreasikan, telur juga kaya akan nutrisi lo, Millens. Sayangnya, karena tertutup oleh cangkang, kita jadi nggak bisa membedakan mana telur yang masih bagus dan mana yang sudah busuk.

Kamu pun harus lebih cermat saat memilih telur sebelum membelinya. Berikut adalah cara untuk membedakan mana telur yang berkualitas dan mana telur yang sudah busuk. Yuk, simak.

Rendam Dalam Air

Ilustrasi telur mengapung. (TheSpruce)
Ilustrasi telur mengapung. (TheSpruce)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah telur masih layak dikonsumi atau nggak adalah dengan merendamnya di dalam air. Caranya sangat mudah, cukup isi penuh air di dalam mangkok atau gelas, lalu masukkan telur tersebut.

Jika telur tergeletak pada sisi bawah mangkuk atau gelas, itu berarti telur masih cukup segar. Tapi kalau telur berdiri tegak di bagian bawah, segeralah masak atau rebus telur ya, Millens.

Perhatikan Bagian Kuning dan Putih Telur

Ilustrasi kuning dan putih telur. (Budokter.com)
Ilustrasi kuning dan putih telur. (Budokter.com)

Cara selanjutnya adalah dengan membuka telur, lalu lihatlah warna kuning dan putih telur tersebut. Jika bagian putih telur terlihat sangat cair dan nggak kental, itu berarti telur sudah nggak layak dikonsumsi.

Aroma

Ilustrasi. (Cdn2.stylecraze)
Ilustrasi. (Cdn2.stylecraze)

Cara ketiga ini merupakan cara lama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kesegaran telur. Cukup cium aroma pada telur yang akan kamu beli atau masak. Jika mengeluarkan aroma kurang sedap saat dalam keadaan mentah, maka segeralah singkirkan telur tersebut, ya, Millens.

Terangi dengan Senter

Ilustrasi. (Ladygouldian)
Ilustrasi. (Ladygouldian)

Saat disorot dengan cahaya, telur yang masih segar memiliki bagian dalam berwarna terang, namun telur yang busuk akan terlihat buram. Melalui cara ini, kamu juga bisa melihat pergerakan di dalam telur. Telur yang masih segar nggak terlalu banyak mengalami pergerakan atau masih kencang. Sedangkan telur yang sudah busuk terlihat sangat cair.

Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Ilustrasi. (Eatthis.com)
Ilustrasi. (Eatthis.com)

Saat hendak membeli telur di supermarket, tanggal kedaluwarsa ini biasanya tercantum di kotak atau di cangkang telur tersebut. Tanggal kadaluwarsa biasanya hanya berjarak 30 hari dari saat telur itu dikemas. Semakin mendekati tanggalnya, semakin kurang segar telur tersebut

Berbeda dengan telur di supermarket, telur di pasar tradisional biasanya masih segar. Meski begitu, sebaiknya kamu juga nggak menyimpannya terlalu lama, ya, Millens.

Sudah tahu kan cara membedakan telur yang segar dan yang sudah membusuk. Selalu terapkan cara-cara ini sebelum membelinya, ya? (Pop/IB24/E07)