Jangan Salah Paham Lagi, Begini Cara Pakai Masker yang Benar

Jangan Salah Paham Lagi, Begini Cara Pakai Masker yang Benar
Ilustrasi memakasi masker medis yang benar. (Freepik)

Meski kelihatannya sepele, memakai masker medis ini nggak boleh sembarangan. Cara memakai masker yang keliru bisa menimbulkan masalah.

Inibaru.id – Masker medis bisa dibilang adalah alat yang paling tepat untuk melindungi diri dari polusi udara yang tercemar. Nggak cuma dari asap motor atau rokok, masker medis juga biasa dipakai saat seseorang bekerja atau berada di rumah sakit, di area pembangunan proyek, hingga di dalam alat transportasi umum.

Meski kelihatannya sepele, memakai masker medis ini nggak boleh sembarangan lo, Millens. Cara memakai yang keliru bisa menimbulkan masalah.

Perhatikan Ukuran Masker

Pertama, pastikan dulu ukuran masker pas dengan wajahmu alias nggak kebesaran atau kekecilan. Eits, tenang saja, zaman sekarang masker sudah didesain all size atau semua ukuran, kok. Namun, tetap perhatikan kecocokannya ya.

Sterilkan Tangan Sebelum Memakai

Sebelum menyentuh dan memakai masker medis, lebih baik cuci tangan terlebih dulu dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Kemudian, cari sisi luar masker. Jika masker yang akan kamu gunakan memiliki dua warna berbeda (umumnya hijau-putih atau biru-putih), maka sisi luar masker adalah yang berwarna hijau atau biru. Dengan ini, sisi putihlah yang harus menempel langsung dengan kulitmu atau berada di dalam.

Cara Memasang Masker

Untuk masker yang menggunakan tali, posisikan kawat di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala mendekati ubun-ubun. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang lehermu.

Sementara untuk masker karet, kamu hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga.

Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidungmu agar masker lebih tertutup rapat. Panjangkan lipatan-lipatan masker ke bawah untuk menutup semua bagian yang harus ditutup yakni hidung, mulut, hingga dagu. Setelah masker terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker apalagi sebelum mencuci tangan.

Satu lagi nih, Millens. Melepas masker juga nggak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melepas masker. Hal-hal itu di antaranya kebersihan tangan sebelum menyentuh masker dan nggak menyentuh bagian depan masker. Ini karena bagian depan dipenuhi kuman yang menempel dari luar. Sentuhlah bagian tali atau karet pengaitnya bila ingin melepas.

Masker medis juga hanya dapat digunakan sekali pakai. Bahkan, beberapa sumber kesehatan mengatakan masker hanya efektif digunakan selama 3-4 jam pemakaian atau maksimal 1 hari. Jangan salah pakai lagi, ya! (IB07/E04)