Jangan Salah, Kopi Bubuk Beda dengan Kopi Instan

Jangan Salah, Kopi Bubuk Beda dengan Kopi Instan
Kopi bubuk sering disamakan dengan kopi instan. Padahal, keduanya berbeda. (Flickr/Doloresa Lapina)

Sering dianggap sama, ada perbedaan mendasar antara kopi bubuk dan kopi instan. Apa saja ya perbedaannya?

Inibaru.id – Selain teh, masyarakat Indonesia juga gemar mengonsumsi kopi. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya kedai kopi di berbagai kota. Tapi, bukan berarti kita harus menikmai kopi di kafe. Kita juga bisa kok menikmati kopi bubuk atau kopi instan di rumah.

Eh, kamu sudah tahu belum kalau kopi bubuk dan kopi instan nggak sama? Lantas, seperti apa sih perbedaannya?

Banyak orang menganggap kopi bubuk lebih sehat dibandingkan dengan kopi instan. Hanya, kalau soal rasa dan harga, kopi instan dianggap lebeh enak dan lebih praktis dibuat meski harganya lebih murah. Hal ini disebabkan oleh kopi bubuk yang biasanya dibuat dari biji kopi yang ditumbuk. Kopi yang dipilih biasanya berkualitas dan telah disortir dengan baik.

Memang, kopi instan juga dibuat dari biji kopi berkualitas. Tapi, proses yang dilalui hingga jadi kopi instan lebih banyak. Hal ini membuat kualitas rasa dan aroma berubah. Karena alasan inilah, takaran air untuk kopi instan biasanya nggak begitu banyak jika dibandingkan saat kita menyeduh kopi bubuk.

Kadar kafein dan kandungan tambahan kopi bubuk dan kopi instan berbeda. (Flickr/Marco Verch)
Kadar kafein dan kandungan tambahan kopi bubuk dan kopi instan berbeda. (Flickr/Marco Verch)

Kandungan kafein kopi instan dan kopi bubuk juga sangat berbeda. Di dalam kopi bubuk, kadar kafeinnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang ada dalam kopi instan. Karena alasan inilah rasa dan aroma kopi bubuk cenderung lebih kuat.

Ada hal lain yang membedakan kopi instan dengan kopi bubuk, yakni adanya tambahan gula atau bahkan susu di dalam kopi instan. Meski bisa membuat rasanya lebih enak, gula dan susu ini sebenarnya menjadi cara agar kopi instan mampu menyaingi rasa kopi bubuk yang lebih mantap. Masalahnya, hal ini membuat kopi instan memiliki kadar kalori tinggi. Kalau kamu terlalu sering mengonsumsinya, risiko terkena diabetes dan kenaikan berat badan pun akan meningkat.

Nah, sudah tahu kan perbedaan kopi bubuk dan kopi instan. Kalau kamu, lebih suka minum yang mana, nih? (Ind/IB09/E05)