Jangan Parno Dulu, Ini Cara Hindari Gatal Gara-gara Ulat Bulu

Jangan Parno Dulu, Ini Cara Hindari Gatal Gara-gara Ulat Bulu
Salah satu ulat berduri yang aman untuk dipegang. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Orang mungkin sudah lebih dulu overacted ketika melihat ulat. Tapi ternyata, beberapa ulat aman untuk dipegang karena nggak bikin gatal. Ulat seperti apa ya yang bisa diajak berinteraksi?

Inibaru.id- Siapa yang nggak bergidik juka melihat ulat? Larva yang satu ini sering disingkirkan bahkan dimusnahkan karena dianggap menggelikan dan dituding menjadi hama. Namun pemandangan berbeda terlihat di Taman Indonesia Kaya pada Minggu (22/9) lalu.

Dalam acara Jeda Untuk Iklim Semarang ini, berbagai komunitas mengadakan workshop dan pameran tentang alam. Di salah satu sudut, terlihat beberapa anak antusias melihat berbagai jenis ulat. Nggak cuma melihat, anak-anak ini justru mengantre untuk bergantian memegangi ulat hidup yang dipamerkan lo. Hi... Apa nggak takut gatal?

Eits.... nggak dong! Sudah tahu belum kalau beberapa jenis ulat di alam itu nggak semuanya bikin gatal? Wulandari, pegiat komunitas Shine mengatakan ada beberapa cara mengamati ulat dan menghindari gatal karena ulat.

Amati Tubuh Ulat

Anak-anak ini antusias memegang ulat bertanduk yang nggak gatal ini lo. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Wulan mengatakan, hal pertama yang bisa dilakukan untuk membedakan ulat yang bikin gatal dan nggak adalah dengan mengamati tubuhnya. Ulat dengan tubuh berbulu berpotensi besar bikin gatal-gatal. Sedangkan ulat gundul atau dengan tanduk biasanya aman untuk dipegang.

Bedakan antara bulu dan Tanduk

Amati cirinya, bedakan antara bulu dan tanduk. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

“Tanduk atau duri akan empuk, jika dicopot akan berdarah. Kalau bulu akan bisa copot dengan mudah ketika stres,” kata Wulan. Meski beberapa ulat punya tanduk yang menyerupai bulu, ternyata tanduknya nggak bikin gatal lo.

Jangan Takut

Anak-anak pun dibuat penasaran dengan ulat. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Dengan mengamati ulat, kamu bisa membedakan ulat yang bisa bikin gatal dan nggak. Jika masih takut, kamu bisa lo mengamati dari jauh. FYI, reaksi ketakutanmu yang berlebihan justru akan memperbesar kemungkinanmu mengalami gatal-gatal. Baru tahu kan?

Jangan Bikin Ulat Stres

Kalau nggak ingin gatal, jangan buat ulat stres ya. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Respons ketakutanmu bakal bikin ulat ini stres. Jika yang ada di dekatmu adalah ulat bulu, ulat ini bisa melepaskan bulu-bulu di badannya dan masuk ke kulitmu. “Jika terancam akan melepaskan bulu,” tambah Wulan.

Alergi Tubuh

Wulan menunjukkan ulat yang nggak bikin gatal. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Wulan juga menambahkan, tubuh yang alergi terhadap bulu juga rentan terkena gatal. Jika memang alergi, sebisa mungkin untuk menghindari ulat bulu ya.

Yang terpenting, Wulan berpesan jangan sampai memusnahkan ulat-ulat ini. Metamorfosa ulat yang jadi kupu-kupu dan ngengat dapat membantu penyerbukan bunga lo. “Sekarang jumlah lebah jumlahnya menurun karena perubahan iklim, peran kupu dan ngengat sangat penting,” tambahnya.

Nah gimana nih? Mudah banget kan membedakan ulat yang bikin gatal dan nggak? Jangan takut lagi ya sama ulat? (Zulfa Anisah/E05)