Jangan Panik, Lakukan Empat Hal Ini Saat Angin Puting Beliung Datang

Jangan Panik, Lakukan Empat Hal Ini Saat Angin Puting Beliung Datang
Jangan berada di luar ruangan saat angin kencang datang. (Wexford People)

Sejumlah daerah di Indonesia rawan menjadi tempat singgahnya angin puting beliung. Kalau kamu tinggal di wilayah ini, ada beberapa hal yang sebaiknya perlu kamu pahami untuk meminimalisasi risiko.

Inibaru.id – Musim penghujan kerap datang dengan angin yang kencang. Nggak jarang, angin membesar dan menjadi puting beliung yang siap menyapu apa saja. Jika daerahmu termasuk daerah yang rawan bencana alam ini, jangan panik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi risiko.

Berlindung di Ruang Bawah Tanah

https://www.aoc.gov/sites/default/files/styles/artwork-node/public/images/buildings/2013-12-03-ddr_1722.jpg?itok=FVA8quvF

Bangunan dengan banyak kaca berbahaya saat angin puting beliung datang. (Aoc Government)

Parkiran yang lokasinya di bawah tanah jadi lokasi yang cukup aman untuk berlindung. Angin puting beliung biasanya menghancurkan bagian terluar sebuah bangunan dan akan berbahaya jika kamu berlindung di dekat jendela. Kaca yang pecah bisa jadi melukaimu, jadi carilah tempat yang nggak rapuh. Selain parkiran bawah tanah, selokan bisa jadi tempat aman jika kamu sedang berada di jalan.

Lindungi Tubuh dengan Perlengkapan

https://www.revzilla.com/blog_content_image/image/58952/redline_hero/helmet_sizing_hero.png

Gunakan helm sebelum mencari tempat berlindung. (Revzilla)

Saat terjadi angin puting beliung, pakailah benda-benda yang bisa meminimalisasi luka di tubuh. Sebelum mencari tempat berlindung, pakailah helm, jaket dan sepatu. Pastikan agar jangan panik supaya kamu dapat berpikir jernih dan dapat mengambil keputusan tepat.

Tetap Berada di Dalam Ruangan

https://hdwallpaperim.com/wp-content/uploads/2017/08/26/177357-women-brunette-wind-hair_in_face-see-through_clothing-long_hair-women_outdoors-city-depth_of_field-748x441.jpg

Jangan keluar dari bangunan karena lebih berisiko terhisap angin. (HD Wallpaperim)

Saat angin puting beliung mendekat, nggak sedikit orang yang memilih menyelamatkan diri dengan berkendara. Padahal, risiko terjebak angin justru makin besar saat ada di luar ruangan. Sebaiknya, tetap berada di dalam ruangan hingga angin hilang ya, Millens!

Belajar Istilah dalam Bencana Alam

https://s3.amazonaws.com/lifesavers/wp-content/uploads/2016/01/30225245/iStock_000017098618_Small.jpg

Selain istilah bencana alam, belajar bagaimana melakukan pertolongan pertama saat terjadi bencana penting, lo. (Amazonaws)

Percayalah, dengan memahami beragam istilah bencana alam, ini akan memudahkanmu jika terjebak dalam situasi yang sulit. Selain mempelajari istilah, mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika bencana susulan terjadi bakal memudahkanmu. Kamu nggak hanya menyelamatkan diri sendiri, tapi juga orang lain.

Sudah tahu apa saja yang harus dilakukan saat terjadi puting beliung kan? Jadi jangan panik saat terjadi bencana ya, Millens! (IB15/E06)