Jangan Panik Kalau Wastafel Mampet, Mudah Kok Mengatasinya

Jangan Panik Kalau Wastafel Mampet, Mudah Kok Mengatasinya
Wastafel mampet bisa sangat merepotkan. Hanya, hal ini bisa kok diatasi sendiri. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski kurang diperhatikan, wastafel sebenarnya sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. kalau sampai mampet, banyak orang yang akan pusing untuk mengatasinya. Nggak perlu panik, kamu bisa melakukan cara-cara ini untuk mengatasinya, kok.

Inibaru.id - Salah satu aktivitas yang cukup menyebalkan adalah mencuci piring. Bahkan, jika sampai wastafel macet, hal ini akan semakin membuatmu sebal. Kamu pun akan kesulitan untuk mengatasi air yang terus menggenang dan sulit untuk dibuang.

Nggak perlu bingung apalagi panik. Wastafel mampet bisa kok kamu atasi sendiri. Nggak perlu terburu-buru meminta bantuan orang lain, lakukan hal ini terlebih dahulu agar wastafel bisa kembali lancar. Yuk, simak cara-caranya.

Siram dengan Air Panas

Menyiram wastafel dengan air panas. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Menyiram wastafel dengan air panas. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Hal paling mudah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi wastafel mampet adalah dengan menyiramkan air panas ke dalam lubang wastafel. Caranya mudah kok, cukup kuras terlebih dahulu air yang menggenang di wastafel semampumu, lalu tuangkan seluruh air panas yang mendidih ke dalam lubang wastafel. Kalau masih belum bisa, tunggu hingga air menjadi dingin. Kemudian, kuras air tersebut dan coba ulang kembali ya, Millens.

Gunakan Kawat Gantungan Baju

Ilustrasi gantungan baju yang terbuat dari kawat. (Lazada)
Ilustrasi gantungan baju yang terbuat dari kawat. (Lazada)

Kalau kamu punya gantungan baju yang terbuat dari kawat, cobalah untuk meluruskan kawat tersebut dan menusukkannya ke dalam lubang wastafel. Kalau kotoran yang ada di dalam wastafel masih bisa dijangkau, kawat ini bisa membersihkannya dengan mudah, Millens. Saluran wastafel pun bisa kembali lancar sehingga nggak lagi mampet.

Siram dengan Baking Soda dan Cuka

Ilustrasi menyiram wastafel mampet dengan baking soda. (BrenDid)
Ilustrasi menyiram wastafel mampet dengan baking soda. (BrenDid)

Cara mudah lain agar wastafelmu nggak lagi mampet adalah dengan menyiram lubang wastafel dengan baking soda dan cuka. Pertama, kuraslah terlebih dahulu air yang menggenang di wastafel. Kemudian, tuangkan baking soda dan cuka ke dalam lubang. Kalau busa sudah menghilang dalam waktu 15 menit, tuangkan lagi air panas ke dalam lubang tersebut. Biasanya, aliran air akan kembali lancar setelahnya.

Gunakan Plunger 

Ilustrasi membersihkan wastafel menggunakan plunger. (Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan wastafel menggunakan plunger. (Shutterstock)

Plunger merupakan salah satu peralatan terbaik untuk menuntaskan masalah wastafel mampet, Millens. Cukup letakkan plunger di lubang wastafel, lalu gunakan alat tersebut sekuat tenaga. Saat plunger sudah menyedot kotoran wastafel, siram lubang tersebut dengan air hangat, ya. Aliran air pun bisa kembali lancar setelahnya.

Kalau empat cara diatas masih belum bisa mengatasi wastafel mampetmu, cobalah menghubungi tenaga ahli/profesional untuk memperbaikinya ya, Millens. Selamat mencoba! (Det/IB24/E07)