Jangan Panik, Ini Cara Cegah Penyebaran Covid-19 di Tempat Kerja

Jangan Panik, Ini Cara Cegah Penyebaran Covid-19 di Tempat Kerja
Cegah penyebaran COVID-19 di tempat kerja. (Freepick)

Meski pemerintah telah umumkan WFH tapi mau nggak mau kamu harus tetap kerja. Jaga higienitas tubuh dan jangan lupa pakai masker.

Inibaru.id – Akhir-akhir ini dunia ramai dengan wabah penyakit yang muncul dari Tiongkok. Sebuah virus misterius yang dapat membunuh manusia ini dikenal dengan Covid-19 atau virus corona.

Sejak penyebarannya yang hampir ke seluruh dunia ini membuat WHO mengambil keputusan bahwa wabah ini merupakan kasus darurat internasional. Berdasarkan rilisnya, WHO memberikan panduan tentang bagaimana virus ini bekerja dan cara menghindarinya. Nah, berikut adalah panduannya.

1. Meningkatkan Kesadaran Akan Virus Corona

Pasang poster di tempat kerja. (Inibaru.id/ Isyahmaharas)
Pasang poster di tempat kerja. (Inibaru.id/ Isyahmaharas)

Hal utama yang perlu kamu terapkan adalah kesadaran, mulai dari diri kamu sendiri yang kemudian bisa kamu contohkan untuk orang lain. Kamu bisa mulai memasang poster tentang kebersihan pernapasan dan menjelaskannya kepada rekan kerjamu.

2. Menghindari Bepergian dalam Waktu Dekat

Sebaiknya kamu nggak bepergian lebih dulu. (Tomorrowmakers)<br>
Sebaiknya kamu nggak bepergian lebih dulu. (Tomorrowmakers)

WHO menyarankan agar semua orang jangan melakukan bepergian dalam waktu darurat ini, termasuk urusan kerja. Namun jika memang diharuskan untuk bepergian mending kamu cek dulu daftar area yang akan kamu kunjungi. Apakah area tersebut masuk dalam zona merah atau nggak.

Buat kamu yang sudah kembali dari area penyebaran COVID-19, kamu harus memantau diri untuk gejala selama 14 hari dan suhu 2x sehari. Jika menderita batuk ringan dan demam ringan (suhu tubuh 37,3 derajat Celsius atau lebih) mending kamu nggak usah berangkat kerja dulu dan mengasingkan diri dulu. Jangan lupa datang ke layanan kesehatan terdekat.

3. Istirahatkan Tubuh Jika Memang Kurang Fit

Jangan pergi bekerja kalau kamu lagi kurang sehat. (Shutterstock)<br>
Jangan pergi bekerja kalau kamu lagi kurang sehat. (Shutterstock)

Buat kamu yang nggak enak badan ada baiknya kamu beristirahat di rumah dan meminum obat ringan seperti paracetamol. Karena salah satu cara penyebaran virus corona adalah melalui perantara cairan tubuh. Bisa dari bersin atau batuk yang kemudian menyebabkan demam. Apabila kamu nggak sengaja memegang air liur yang menempel di meja ditakutkan ini kamu terinfeksi Covid-19.

4. Jaga Kebersihan di Ruang Kerja

Jangan malas bersih-bersih. (Shutterstock)
Jangan malas bersih-bersih. (Shutterstock)

WHO menjelaskan cara ampuh cegah penularan Covid-19 ini sangat sederhana, yaitu dengan memastikan area sekitarmu terjaga kebersihannya. Maka kamu perlu rajin membersihkan meja dan benda mati di dekitarmu dengan disinfektan. Juga selalu ingatkan rekan kerja untuk mencuci tangan.

Jangan lupa selalu sediakan tisu, hand sanitizer, memakai masker, dan rajin mencuci tangan. Hal ini sangat penting untuk perlindungan diri kamu. Karena kebersihan aliran udara dan lingkungan yang baik mencegah penyebaran Covid-19.

5. Jangan Mendiskriminasi Mereka yang Tertular

Jangan mendiskriminasi orang lain. (Womantalk)<br>
Jangan mendiskriminasi orang lain. (Womantalk)

Jika ada temanmu yang menderita gejala ini segera pisahkan dia ke ruang yang terisolasi dan segera lapor tim kesehatn. Dukung dia agar dia segera pulih.

Melawan Covid-19 sama halnya dengan melawan penyakit pada umumnya. Kamu hanya perlu menjaga kebersihan agar lebih higienis. Dan kamu juga perlu memahami bagaimana menjaga higienitas tubuh dengan benar. Jangan panik, semoga kamu selalu sehat. (IB30/E05)